Bangiz - Email atau electronik mail secara umum berfungi untuk mengirim dan menerima pesan secara elektronik. Adapun dimaksud secara elektronik artinya diperlukan jaringan internet. Ada banyak penyedia jasa untuk membuat email secara gratis misalnya Gmail, Yahoo, atau lainnya. Untuk memiliki akun tersebut kita hanya perlu mengisi formulir yang tersedia pada masing-masing situs tersebut. Dengan memiliki akun email nantinya kita akan mudah ketika akan membuat akun sosial media.

Berikut ini khusus untuk pengguna Gmail dari Google, perlu Anda ketahui bahwa dalam Gmail tersedia fitur terbaru yaitu untuk membatalkan atau mengurungkan email yang sudah terkirim, tentunya dengan jangka waktu tertentu. Apabila Anda mau menggunakan fitur tersebut, hendaklah Anda mengaktifkannya terlebih dahulu. Jika tertarik, silahkan ikuti caranya berikut ini:
Cara Membatalkan Email Yang Terkirim
Membatalkan email terkirim
1. Masuk ke akun Gmail.

2. Klik gambar roda gigi (Setelan).
Setelan Gmail
Setelan Gmail
3. Setelah masuk pada Setelan, pada bagian Urung Kirim centang tanda Aktifkan Urung Kirim. Berikutnya pilih kirim waktu pembatalan dalam hitungan detik, ada 5, 10, 20, dan 30 detik.
Setelan pembatalan kirim email
Setelan pembatalan kirim email
4. Terakhir pada bagian bawah klik Simpan Perubahan.
Simpan perubahan Gmail
Simpan perubahan Gmail
Berikut adalah hasil tampilan ketika Anda sudah mengirim email, akan ada notifikasi/pemberitahuan bahwa pesan sudah dikirim, untuk membatalkan klik urung.
Batalkan email terkirim
Batalkan email terkirim
Setelah pembatalan dilakukan maka ada lagi pemberitahuan yang menyebutkan bahwa pengiriman telah dibatalkan. Pesan email hasil pembatalan tersebut akan kembali ke draft.
Pengiriman telah dibatalkan
Pengiriman telah dibatalkan
Sekian cara untuk mengaktifkan pembatalan email di Gmail, yang mana sangat mudah untuk diterapkan pada akun email Gmail Anda, untuk jaga-jaga saja ketika suatu saat kita salah mengirim email. Cara diatas, pengaturannya menggunakan Bahasa Indonesia, untuk bahasa Inggris atau lainnya dalam urutan sama saja hanya kata-katanya yang berbeda. Ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar.
Loading...

Post a Comment Blogger

 
Top