Bangiz - Pempek merupakan salah satu makanan yang terkenal di Indonesia. Pempek ini adalah makanan khas dari daerah Palembang, Sumatera Selatan. Jika Anda pergi ke Palembang maka akan dengan mudah menemukan makanan yang satu ini. Penjualnya pun bermacam-macam, mulai dari yang dipikul, didorong, di pinggir jalan hingga restoran.

Sebenarnya yang banyak memproduksi bukan hanya di kota Palembang saja melainkan semua daerah di Sumatera Selatan. Apabila Anda ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, berikut ini Bangiz akan berbagi info resep cara pembuatannya. Tinggal siapkan bahan dan alat untuk memasaknya.
Pempek Palembang
Pempek Palembang
Bahan: 
  • ½ kg daging ikan teri atau ikan gabus (gunakan yang masih segar).
  • 10 sendok makan air es.
  • 2 ½ sendok makan tepung terigu.
  • 50 gr tepung kanji.
  • 2 sendok teh garam.
Cara Membuat:
  1. Haluskan ikan dan tekan-tekan dengan saringan sampai lembut.
  2. Masukkan air es dan garam, lalu aduk. Berikutnya tambahkan tepung terigu dan kanji sampai diuleni hingga tidak menempel lagi di tangan.
  3. Bentuk adonan dengan jenis pempek yang diinginkan, misalkan pempek kapal selam, pempek telur besar, pempek kapal selam kecil, pempek telur kecil, pempek kulit, pempek tahu, pempek pistel, pempek udang dan sebagainya.
  4. Rebus adonan hingga Pempek terapung, angkat lalu tiriskan.

Pempek biasanya disajikan dengan saus yang berwarna hitam kecoklatan yang kalau di Palembang disebut cuko. Cuko atau cuka ini dibuat dari air yang didihkan lalu ditambahkan gula merah, cabe rawit tumbuh, bawang putih, udang ebi dan garam. Untuk Anda yang tidak suka pedas bisa mencobanya menjadi rasa manis. untuk melengkapinya Anda bisa menambahkan mie kuning dan irisan dadu timun segar.
Loading...

Post a Comment Blogger

 
Top