Setelah sebelumnya Bangiz berbagi tentang Makanan yang Bagus Untuk Kulit dan juga Makanan yang Bagus Untuk Otak, berikut ini masih berhubungan dengan masalah kesehatan yaitu mengetahui makanan yang banyak mengandung serat. Serat memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita antara lain: menstabilkan kadar gula dan darah, mengurangi resiko penyakit jantung dan pembuluh darah, menurunkan resiko terkena kanker usus dan diabetes serta mengurangi tingkat insulin dan glukosa untuk pasien diabetes, mencegah sembelit, membantu buang air besar supaya teratur.

Mengkonsumsi buah-buahan segar dalam diet adalah cara terbaik untuk meningkatkan kandungan serat dalam tubuh. Berikut adalah daftar dari beberapa buah-buahan yang akan sangat menguntungkan dalam meningkatkan kadar serat dalam tubuh kita:

10. Ara atau Tin

ara / tin
Buah Ara
Buah ara menawarkan lebih dari sekedar rasa manis, ia dapat mencegah kanker juga menurunkan tekanan darah. Buah ara merupakan buah yang kaya serat. Ara segar memiliki kandungan serat lebih banyak dari buah ara kering. Meskipun buah ara segar tidak tersedia sepanjang tahun karena termasuk buah musiman, kita dapat membeli kaleng bubur ara segar dari supermarket. Satu ara segar mengandung 2 sampai 4 gram serat. Buah ara hitam memiliki rasa yang lebih baik daripada buah ara hijau. Selain menjadi sumber serat yang baik, buah ara merupakan sumber potasium yang baik dan pada gilirannya membantu untuk mengontrol tekanan darah dengan menyebabkan pembuluh darah untuk tenang. Sumber yang kaya serat membantu mereka dalam pencegahan sembelit kronis dan segala macam penyakit gastrointestinal. Jadi buah ini mesti dikonsumsi karena baik untuk kesehatan.

9. Blueberry

blueberry
Buah Blueberry
Blueberry memiliki kandungan serat yang menakjubkan yang sangat penting bagi tubuh kita. Serat hadir dalam blueberry membantu mengendalikan setiap penyakit inflamasi usus. Sepotong roti gandum menyediakan serat kurang dari setengah mangkuk blueberry. Blueberry membantu dalam mengobati sembelit. Blueberry merupakan favorit untuk banyak orang. Kita harus mencoba buah Blueberry ini karena memiliki serat pektin yang membuatnya unik. Blueberry adalah teman terbaik untuk Anda yang diabetes karena mereka juga membantu untuk mengontrol tingkat gula darah.

8. Alpukat

alpukat
Buah Alpukat
Satu buah alpukat mengandung sekitar 12g serat makanan yang hampir setengah sasaran serat dianjurkan untuk wanita. Perempuan khususnya membutuhkan serat khusus selama siklus menstruasi mereka. Setengah alpukat memberikan 3 sampai 4 g serat dan mencegah sembelit dan membantu dalam menjaga sistem pencernaan yang baik. Ini berisi baik serat larut dan tidak larut serta lemak esensial. Hal ini terbukti menjadi anugerah bagi pasien diabetes karena mereka secara alami rendah gula dan sodium. Dengan mengkonsumsi buah Alpukat maka dapat mengontrol tingkat gula darah dan mengurangi peradangan.

7. Prune atau Plum

prune / plum
Buah Plum
Ada dua jenis serat larut dan tidak larut yang tersedia dan plum mengandung kedua dalam jumlah yang banyak. Mereka memiliki efek pencahar yang baik. Mereka membantu untuk mengurangi kolesterol darah dan membantu mengurangi kadar glukosa darah. Mereka tinggi penyakit antioksidan pertempuran dan membantu dalam menjaga kesehatan tubuh. Mereka mengandung serat dalam jumlah tinggi dapat membantu mengurangi kadar kolesterol darah dan kadar glukosa darah. Plum mengandung sorbitol yang memiliki efek pencahar alami pada tubuh. Satu cangkir plum mentah mengandung 12 gram serat. Mereka adalah salah satu sumber terbaik dari vitamin K yang mencegah pembekuan darah. Mereka juga penting untuk tulang juga merupakan sumber besar dari fenol yang membantu untuk mencegah kerusakan oksigen ke sel.

6. Anggur

anggur
Buah Anggur
Anggur adalah buah yang kaya serat dan digunakan untuk mencegah penyakit jantung dan varises, wasir, pengerasan arteri, tekanan darah tinggi, pembengkakan setelah cedera atau pembedahan, serangan jantung dan stroke. Anggur digunakan sebagai pencahar karena itu mereka digunakan sebagai bagian dari proses detoksifikasi. Biji anggur juga digunakan untuk komplikasi diabetes seperti masalah mata dan gangguan saraf, meningkatkan penyembuhan luka dan mencegah kerusakan gigi. Anggur kering dan kismis digunakan untuk batuk. Daun anggur digunakan dalam sindrom kronis kelelahan, diare, perdarahan menstruasi berat, perdarahan uterus dan sariawan.

5. Apricot

apricot
Buah Apricot
Aprikot adalah jenis yang paling unik dari buah dan sangat tinggi serat dan kadar air. Sebuah Apricot kering mengandung 3,1 g serat dalam setiap 50 gm, sedangkan Aprikot segar mengandung 2 g serat dalam setiap 3-5 ons. Nutrisi dalam Apricot telah terbukti sangat berguna khusus untuk mata dan hati kita. Kadar serat tinggi membantu dalam mencegah sembelit kronis, membantu dalam proses pencernaan dan bahkan kanker perut. Aprikot telah terbukti bermanfaat dalam pengobatan anemia, arthritis dan rematik. Bagusnya kita harus mengkonsumsi minimal satu Apricot sehari dan jika tidak suka buahnya maka bisa mencoba selai yang terbuat dari Aprikot.

4. Jeruk

jeruk
Buah Jeruk
Kandungan serat buah ini tidak diragukan lagi sangat tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lain. Satu buah jeruk berisi lebih dari 3 sampai 4 g serat. Namun orang harus menghindari mengelupas serat seperti benang di luar saat menggunakan membuat Jus jeruk atau saat menggunakan jeruk dalam memasak. Jeruk mengandung serat larut yang dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Selai jeruk juga memiliki kandungan serat makanan yang sangat tinggi. Kita dapat menambahkan jeruk dalam puding dan hidangan manis lainnya jika kita tidak suka makan jeruk mentah. Selain itu saat ini sudah banyak minuman yang menggunakan rasa jeruk jadi sangat mudah untuk didapatkan.

3. Apel

apel
Buah Apel merah
Apel telah memenangkan lebih dari semua buah-buahan baik dalam kadar gula, vitamin, mineral atau kandungan seratnya. Ini adalah buah terbaik yang bisa membuat kita tetap bugar setiap saat. Apel berisi kandungan serat yang sangat tinggi. Satu buah apel mengandung 5 sampai 6 g serat sedangkan setengah apel mengandung 2 sampai 4 g serat. Namun ada baiknya kita menghindari membuang kulit dari Apel karena kita akan kehilangan sekitar 1 sampai 2 g serat yang akan terkandung didalamnya. Serat apel yang larut sangat berguna mengurangi kadar lemak dalam tubuh. Sebagian besar kandungan serat apel bagus untuk kulit dan membantu dalam proses pencernaan dan mencegah sembelit.

2. Pepaya

pepaya
Buah Pepaya
Pepaya mengandung nutrisi penting termasuk kalium, kalsium, vitamin A dan vitamin C. Pepaya juga mengandung serat yang sangat penting dalam gerakan usus yang tepat dan menyediakan serat. Buah berdaging ini membantu dalam sirkulasi darah yang tepat dan juga bertindak sebagai pembersih darah. Hal ini juga telah digunakan dalam sistem pengobatan tradisional karena berbagai manfaat kesehatan yang didapat darinya. Serat dalam pepaya dapat menurunkan kadar kolesterol. Ini berisi enzim yang membantu oksidasi kolesterol yang mencegah serangan jantung, membantu dalam membangun kekebalan yang mencegah dingin, batuk dan demam. Pepaya mencegah penuaan dini karena mampu melarutkan sel-sel mati. Pepaya juga membantu dalam mencegah sembelit dan gangguan pencernaan.

1. Pisang

pisang
Buah Pisang
Pisang adalah buah yang kaya akan serat. Pisang memiliki efek pencahar dan membantu dalam pembentukan kotoran besar. Rasa manis yang tidak dapat dihindari oleh siapapun dan karenanya buah ini dicintai oleh semua orang. Pisang adalah buah yang sangat penting dan harus ditambahkan dalam makanan kita sehari-hari. Hal ini pastinya tidak terlalu sulit untuk mencarinya karena tersedia sepanjang tahun. Pisang mengandung vitamin B6 yang membantu dalam regulasi kadar kolesterol darah. Namun pisang mentah dapat menyebabkan sembelit dan makan terlalu banyak pisang matang dapat menyebabkan kembung perut. Serat dalam pisang membantu dalam pencegahan obesitas dan kolesterol tinggi.

Diet yang kaya serat sangat penting khususnya saat ini, di mana banyak orang menjadi korban obesitas, kolesterol tinggi, diabetes dan sebagainya karena diet mereka kaya lemak jenuh. Oleh karena itu kita harus menyertakan buah-buahan dalam diet untuk meningkatkan kandungan serat dalam tubuh. Apabila Anda mengetahui jenis buah-buahan yang kaya serat lainnya selain 10 list di atas, silahkan tambahkan di kolom komentar.
Loading...
 
Top