Bangiz - Semua orang tentunya menginginkan otak yang cerdas, selalu ceria dan sebagainya. Adakalanya kita akan mengalami suasana hati yang sedang turun atau galau. Untuk mengatasi hal tersebut, kita bisa mencobanya dengan cara alami. Salah satunya yaitu dengan meningkatkan dopamin di otak yang dapat memicu perubahan suasana hati, kecemasan, kesedihan, insomnia (susah tidur) dan gejala serius lainnya yang mempengaruhi fungsi normal kita.

Berhubungan dengan itu, berikut Bangiz akan berbagi tentang makanan yang bagus untuk otak dan dapat meningkatkan tingkat dopamin di otak serta membantu meningkatkan suasana hati, meningkatkan kesehatan mental dan akan merasa lebih baik. Makanan tersebut antara lain:

10. Apel

apel
Apel merah
Dari banyak penelitian ternyata buah Apel dapat mengurangi risiko dari penyakit kanker paru-paru, kanker prostat dan kanker usus besar. Selain itu, Apel mengandung quercetin, antioksidan kuat yang meningkatkan kesehatan otak. Selain mencegah penyakit neurodegenerative, apel juga merangsang dopamin, yang membantu Anda merasakan kenikmatan. Antioksidan lain yang ditemukan dalam apel adalah polifenol yang melindungi sel-sel dopamin dari kerusakan.

9. Almond

almond
Kacang Almond
Semua jenis kacang-kacangan dianggap sebagai makanan yang dapat meningkatkan dopamin tetapi almond adalah yang terbaik. Almond mengandung fenilalanin, yang merupakan asam amino esensial yang sangat penting untuk produksi dopamin. Almond juga merupakan sumber lemak dan serat yang baik, keduanya sangat penting untuk menjaga otak sehat. Almond bisa di makan sebagai cemilan setiapa hari diantara waktu makan.

8. Cokelat

 cokelat
Dark Chocolate
Cokelat tidak hanya sangat lezat tapi itu juga dikenal untuk menghilangkan stres. Sama seperti almond, cokelat juga mengandung asam amino yang disebut fenilalanin yang memainkan peran penting dalam produksi dopamin. Anda harus makan cokelat yang memiliki lebih dari 85 % kakao. Ketika Anda merasa stres juga galau ada baiknya mengkonsumsi beberapa batang cokelat dan fikirkan hal yang menyenangkan.

7. Pisang

 pisang
Pisang
Pisang merupakan sumber besar tirosin, asam amino yang mengatur dan merangsang tingkat dopamin di otak. Ini akan membantu Anda lebih bahagia dan meningkatkan memori, konsentrasi dan kewaspadaan. Dalam pisang juga terdapat banyak mineral dan vitamin yang bagus untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Cobalah untuk makan pisang yang matang dan manis karena banyak memiliki kandungan tirosin yang tinggi.

6. Telur

 telur
Telur Ayam
Telur adalah salah satu makanan super yang meningkatkan dopamin karena telur tinggi asam amino yang membantu merangsang tingkat dopamin. Telur juga kaya akan vitamin D, vitamin yang penting untuk kesehatan tubuh dan pikiran. Telur bisa dimasak dengan berbagai cara, misalnya direbus, digoreng dan sebagainya.

5. Stroberi

 stroberi
Stroberi
Stroberi adalah sumber super vitamin C yang sangat penting untuk menjaga otak kita tetap sehat. Vitamin C akan melawan radikal bebas di otak sehingga dapat mengakses dopamin lebih mudah. Stroberi juga dikemas dengan antioksidan fenol seperti ellagitannins dan anthocyanins yang melindungi neuron dopaminergik tidak rusak.

4. Salmon

 salmon
Daging Salmon
Salmon merupakan sumber asam lemak, terutama omega-3, yang memiliki peran penting dalam fungsi otak dan perkembangannya. Asam lemak omega-3 yang diperlukan untuk memproduksi neurotransmitter dopamin seperti membantu melawan depresi dan perubahan suasana hati. Ikan perairan dalam lainnya seperti tuna, mackerel, halibut dan sarden adalah makanan yang meningkatkan dopamin.

3. Ubi Bit Merah / Beetroot

 beetroot
Bit Merah
Betaine, yang merupakan asam amino yang mengandung bit, bertindak sebagai antidepresan alami merangsang produksi dopamin. Selain itu, bit memiliki sedikit kalori dan itu sangat kaya akan zat besi. Cobalah untuk minum jus bit segar setiap hari untuk meningkatkan mood Anda secara alami. Anda dapat menambahkan buah-buahan lainnya jika Anda tidak suka rasa bit. Tumbuhan bit ini kebanyakan tumbuhnya meliar dan banyak terdapat Amerika Utara dan Britain.

2. Semangka

 semangka
Semangka
Semangka merupakan sumber dari asam amino tirosin yang mengubah menjadi dopamin dan meningkatkan suasana hati Anda. Semangka juga bebas lemak dan mengandung jumlah tinggi vitamin B6 yang tubuh kita gunakan untuk berubah menjadi dopamin. Buah semangka saat ini sangat mudah untuk didapatkan di sekitar kita, di pasar, supermarket dan sebagainya.

1. Biji Labu

 biji labu
Biji Labu
Biji labu kaya tirosin dan membantu meningkatkan kadar dopamin di otak. Biji labu kaya akan vitamin E yang merangsang dopamin dan melindungi otak terhadap kerusakan dari radikal bebas. Makan biji labu dapat membuat kita lebih waspada dan dapat menurunkan kadar kolesterol, mengurangi risiko kanker dan mencegah batu ginjal.

Sebenarnya masih banyak makan lainnya yang memiliki kandungan yang bagus untuk otak dan dapat meningkatkan dopamin misalnya: Blueberry, daging unggas, alpukat, biji gandum, ginseng dan sebagainya. Apabila Anda punya referensi makanan lainnya yang bagus untuk otak silahkan tuliskan di komentar.
Loading...
 
Top