Bangiz - Kulit pada manusia merupakan organ yang paling luar dari tubuh. Kulit memiliki tiga lapisan utama yaitu epidermis, dermis dan hypodermis. Kulit ini memainkan peranan penting dalam melindungi tubuh kita dari kehilangan air yang berlebih dan melindungi terhadap patogen. Fungsi lainnya yaitu sebagai pengatur suhu, isolasi, sintesis vitamin D, sensasi dan perlindungan vitamin B folates. Untuk menjaga supaya kulit kita tetap sehat, ada baiknya kita selalu mengkonsumsi makanan yang baik untuk kulit dan berikut ini Bangiz telah merangkumnya untuk Anda: 

makanan bagus untuk kulit
Buah dan sayur
1. Biji Rami
Untuk orang Indonesia mungkin biji Rami ini tidak begitu terkenal. Tentunya pantas saja karena tanaman ini hanya ditemukan dan tumbuh di padang rumput Kanada Barat. Biji rami ini kaya akan omega-3 yang memainkan peran penting dalam mengendalikan munculnya bintik-bintik usia dan garis-garis halus. Sebuah studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi biji rami setiap hari membantu mengurangi kemerahan kulit dan iritasi serta membuat kulit terlihat segar dan lembut, selain itu masih banyak manfaat lainnya untuk kesehatan. Tambahkan beberapa biji rami ke oatmeal, smoothies atau resep muffin favorit Anda.

2. Blueberry dan Blackberry
Blueberry dan Blackberry adalah salah satu makanan terbaik untuk kulit. Blueberry, blackberry dan juga plum semua kaya antioksidan, yang mampu memerangi kerusakan radikal bebas. Perlu kita ketahui bahwa radikal bebas berasal dari pola makan yang buruk atau bahan kimia yang ada di sekitar lingkungan. Buah uBlueberry dan Blackberry juga dapat membantu menjaga kulit Anda terlihat lebih muda lagi .

3. Biji Bunga Matahari
Biji bunga matahari ini sangat kaya akan vitamin E, yang merupakan nutrisi penting dalam membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari sehari-hari. Biji bunga matahari saat ini banyak tersedia dalam bentuk snack portabel yang mudah dibawa dan makan dimana saja. Anda juga dapat menggunakan biji ini pada oatmeal, salad, sereal atau trail mix. Pastikan tidak menambahkan garam terlalu banyak pada salad Anda, garam tidak baik untuk kulit.

4. Cokelat
Cokelat adalah makanan yang baik untuk kulit Anda, meskipun banyak mitos yang berkembang bahwa cokelat ini dapat menyebabkan jerawat. Cokelat sebenarnya meningkatkan asupan flavonol yang bagus untuk mempercantik kulit. Karena coklat memiliki beberapa kalori, pastikan untuk mengkonsumsi secukupnya saja. Apalagi saat ini banyak sekali makanan yang berbahan dasar cokelat. 

5. Ubi Jalar
Makanan yang bagus untuk kulit berikutnya adalah ubi jalar. Ubi ini mengandung vitamin A dan C, yang mana keduanya penting untuk kulit yang sehat. Vitamin C berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen yang menjaga kulit tetap lentur serta halus dan vitamin A merupakan antioksidan kuat yang melawan kerusakan akibat radikal bebas dan mencegah kanker kulit.

6. Tomat
Tahukah Anda bahwa tomat juga termasuk yang baik untuk kulit. Banyak orang mengatakan bahwa makan tomat dapat menyebabkan jerawat. Tetapi tomat merupakan sumber antioksidan karena mengandung lycopene, yang membantu meningkatkan kesehatan kulit serta melindungi pigmentasi. Tambahkan tomat untuk salad atau menaruh beberapa pada sandwich. Tomat bisa juga ditambahkan pada masakan atau dikonsumsi secara langsung.

7. Yogurt
Yogurt adalah produk susu yang dibuat dari proses fermentasi bakteri. Yogurt mengandung protein yang bagus untuk kulit Anda dan membantu melawan munculnya keriput serta garis-garis halus. Yogurt saat ini banyak tersedia dalam berbagai rasa. Selain itu tidak ada salahnya untuk menambahkan buah-buahan supaya lebih segar.   

Itulah tujuh makanan yang bagus untuk kulit. Apabila Anda memiliki referensi makanan lainnya yang bagus untuk kulit silahkan untuk menambahkannya di bagian komentar.
Loading...
 
Top