Cara Membuat Watermark Transparan Pada Foto di CorelDRAW | Bangiz

Cara Membuat Watermark Transparan Pada Foto di CorelDRAW

Bangiz - Tutorial kali ini berhubungan dengan desain grafik yaitu membuat watermark atau bisa juga disebut tanda air atau cap air. Watermark ini biasanya digunakan untuk gambar yang di upload ke internet. Adapun tujuannya bermacam-macam, bisa juga sebagai media promo yaitu dengan watermark yang digunakan berupa alamat web yang kita miliki. Selain itu bisa juga sang pemilik tidak rela gambarnya di download begitu saja sehinggan dibuatlah watermark.

Adapun software yang akan saya gunakan yaitu CorelDRAW, jika Anda belum tahu tentang CorelDraw silahkan baca tentang Mengenal CorelDRAW. Untuk tutorial membuat watermark langsung saja ikuti caranya berikut ini:

Gambar dengan watermark
Gambar dengan watermark

1. Buka CorelDRAW punya Anda tentunya lalu Import gambar atau copy-paste gambar yang akan diberi watermark, untuk ukurannya Anda bisa mengaturnya sendiri. Sebagai contohnya gambar berikut:

Cara Membuat Watermark Transparan
Import gambar

2.  Pada menu toolbox gunakan Text tool (F8), kemudian ketik kata yang akan dijadikan watermark. Contohnya disini kata 'Bangiz'.

Cara Membuat Watermark Transparan
Text tool

3.  Selanjutnya klik kanan pada kata yang dibuat lalu pilih Convert To Curves atau gunakan (Ctrl+Q), masih pada posisi tersebut tekan juga tanda (+), sehinggan katanya menjadi ada 2 namun tumpang tindih.

Cara Membuat Watermark Transparan
Convert to curves

4. Pilih salah satu kata kemudian pada menubar pilih Bitmaps > Convert to Bitmap...

Cara Membuat Watermark Transparan
Bitmaps > Convert to Bitmap

Berikut adalah jendela munculan dari Convert to Bitmap...disana ada pengaturan resolusi, jangan lupa centang Transparant background kalau belum tercentang lalu akhiri dengan OK.

Cara Membuat Watermark Transparan
Convert to Bitmaps

5. Masih pada posisi tersebut kemudian pada menubar pilih Bitmaps > Blur > Gaussian Blur...

Cara Membuat Watermark Transparan
Pilih Blur lalu Gaussian blur

Berikut adalah pengaturan untuk Gaussian Blur, silahkan pilih radius yang akan Anda gunakan dan jika belum yakin klik dulu previewnya. Kalau sudah sesuai klik OK.

Cara Membuat Watermark Transparan
Gaussian Blur

6. Select atau pilih kedua kata tadi kemudian klik Front minus back.

Cara Membuat Watermark Transparan
frint Minus back

Untuk ukuran watermarknya silahkan atur sesuai keinginan Anda. Berikut adalah hasilnya:

Cara Membuat Watermark Transparan
Bangiz watermark

7. Selesai. Silahkan convert ke JPG, PNG, GIF atau yang lainnya.

Jika berkenan silahkan baca Cara Merubah File CorelDRAW ke JPG dan juga bagikan share ke teman-teman Anda siapa tahu bermanfaaat. Terima kasih.
Name

Blogging,108,CorelDRAW,14,Desain Grafis,25,Facebook,22,Foto Sampul,32,Gambar,53,Info,26,Instagram,2,Internet,28,Kata Mutiara,26,Kesehatan,31,Komputer,25,Microsoft Word,12,Office,12,PhotoScape,10,Resep,6,SEO,10,Sosial media,21,Tutorial,35,Twitter,2,Wallpaper,18,
ltr
item
Bangiz: Cara Membuat Watermark Transparan Pada Foto di CorelDRAW
Cara Membuat Watermark Transparan Pada Foto di CorelDRAW
Cara mudah membuat watermark atau cap air dengan menggunakan coreldraw, membuat watermark keren untuk gambar atau foto, make watermark tutorial, tutorial buat watermark untuk website, blog, dsb
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiMsc6zh5IhcbCZPCMI8dT205_w59gz-YNsDyrgAywdO62O9P4dLZ7jA5-ebj4S3h6ksL0ceu8p5rPaVjjZhko-bITDOEsaiLwx50uNlODPmc-UdQImMVLnR4uwIKCXJmM5xXhyiJaMUU_l/s1600/Watermark9.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiMsc6zh5IhcbCZPCMI8dT205_w59gz-YNsDyrgAywdO62O9P4dLZ7jA5-ebj4S3h6ksL0ceu8p5rPaVjjZhko-bITDOEsaiLwx50uNlODPmc-UdQImMVLnR4uwIKCXJmM5xXhyiJaMUU_l/s72-c/Watermark9.jpg
Bangiz
https://bangiz.blogspot.com/2014/03/Watermark-Transparan.html
https://bangiz.blogspot.com/
https://bangiz.blogspot.com/
https://bangiz.blogspot.com/2014/03/Watermark-Transparan.html
true
5131493432912556385
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RELATED POSTS LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy