Bangiz - Di dunia ini ada beberapa jenis ukuran yang sering digunakan, baik untuk mengukur jarak, ketinggian, dan lainnya. Begitu juga ketika kita berhubungan dengan grafik hendaklah kita tahu, yang nantinya akan menjadi favorit buat kita atau disesuaikan juga dengan apa yang kita buat. Judul diatas admin maksudkan buat yang baru belajar CDR khususnya, yaitu cara merubah ukuran pada CorelDRAW. 

Baca juga: Fungsi-fungsi Menu ToolBox CDR

Cara untuk merubah sangatlah mudah, cukup Anda tahu sekali nantinya akan selalu teringat (mudah-mudahan). Oke kalau penasaran, baca terus tutorialnya.
Cara Merubah Ukuran Pada CorelDRAW
Cara Merubah Ukuran Pada CorelDRAW
Cara Mengaktifkan Properti Bar dan Mengganti Units

1. Pastikan Anda memiliki software CorelDRAW baik di laptop atau komputer. Lalu buka aplikasi tersebut.

2. Untuk dapat merubah, Properti Bar harus sudah tercentang. Kalau belum, klik kanan pada area kosong di Menu Bar atau Standard tampilan.
Mengaktifkan Properti Bar
Mengaktifkan Properti Bar
3. Kini Properti Barnya sudah muncul, selanjutnya pada tulisan Units pilih menu pilihan naik turun. Disana ada beberapa jenis, misalnya: inches, millimeters, picas, points, pixels, ciceros, didots, feet, yards, miles, centimeters, meters, kilometers, Q, dan H.

Klik sesuai kebutuhan Anda. Sampai sini Anda sudah bisa merubah jenis ukuran. 
Mengganti jenis ukuran pada CDR
Mengganti jenis ukuran pada CDR
Cara Menggunakan Ukuran Pada CorelDRAW

Untuk penggunaannya ialah hendaklah bentuk yang akan diatur berada dalam keadaan aktif (untuk mengaktifkan klik pada objek). Selanjutnya ubah ukuran seperti pada daerah yang dilingkari merah.
Menggunakan ukuran di Corel
Menggunakan ukuran di Corel
Cara Mengganti Ukuran Default di CorelDRAW

Kalau Anda ingin merubah ukuran default menjadi ukuran seperti yang Anda inginkan, itu bisa dilakukan. Pada bagian Menu Bar pilih Tools lalu Options (Ctrl+J). Kemudian klik Document, lanjut Page Size selanjutnya silahkan lihat gambar berikut:
Merubah ukuran default CDR
Merubah ukuran default CDR
Mudah-mudahan tutorial di atas bisa menambah pengetahuan, admin kira langkah-langkahnya sudah jelas tapi kalau ada yang masih kurang dimengerti silahkan berbagi melalui komentar. Jangan lupa lihat juga Cara Merubah File CDR ke JPG dan lainnnya.
Loading...

Post a Comment Blogger

 
Top