Bangiz - Tutorial kali ini admin akan berbagi tentang desain, yaitu cara membuat efek puzzle dengan menggunakan CorelDRAW. Adapun Corel yang digunakan sebagi contoh disini adalah CorelDRAW 5. Bentuk puzzle yang di dapatkan bisa bentuk biasa (regular) dan irregular atau bentuk lain yang sesuai dengan keinginan Anda, itu tergantung kreatifitas Anda sebagai pembuat.

 gambar puzzle

Menggunakan bentuk yang regular

Pada Corel, buka atau import gambar yang akan dibuat. Kemudian pada property bar atur ukuran gambar atau untuk ukuran bebas klik gambar lalu tekan Shift + tarik sudut gambar dengan pointer mouse.
 gambar puzzle
Atur ukuran gambar

Selanjutnya pada toolbox, cari Polygon tool > klik segitiga kecil > pilih Graph Paper (D).

Selanjutnya drag ke gambar untuk membuat grid. Usahakan ukuran grid sama dengan ukuran gambar atau sedikit lebih kecil dari ukuran gambar.
 gambar puzzle
Tambahkan grid
Berikutnya klik lalu pilih menu Effects > 
PowerClip > Place Inside Container ...
 gambar puzzle
Place inside container
Untuk hasilnya kurang lebih seperti ini 
 gambar puzzle
Gambar dengan grid
Untuk mengedit gambar, pilih klik kanan pada gambar lalu pilih Edit Contents. Pada saat Edit Contents ini gambar dan grid akan terpisah jadi Anda bisa menyesuaikan ukuran gambar dengan ukuran grid. Kalau sudah beres, klik kanan pada gambar lalu pilih Finish Editing This Level.
 gambar puzzle
Finish editing this level
Tahap berikutnya pilih semua objek (Ctrl+A) kemudian klik Ungroup All untuk memisahkan bagian-bagian grid tadi. Sedangkan untuk menghilangkan garis-garis pinggir klik kanan pada tanda yang berada pada color palet.
 gambar puzzle
Ungroup all
Selanjutnya drag bagian-bagian gambar sesuai selera Anda.
 gambar puzzle
Pisahkan gambar
Untuk membuat efek supaya lebih menarik, Anda bisa memutar gambar beberapa derajat. Caranya klik dua kali pada gambarsampai muncul tanda rotasi seperti berikut ini;
 gambar puzzle
Putar gambar
Jika tertarik, Anda juga bisa menambahkan efek shaddow pada gambar. Caranya klik pada menu Blend tool lalu pilih Drop Shadow. Sekarang klik pada bagian gambar untuk mengatur panjang shadownya. Anda juga bisa mengatur ketebalan dan lainnya, lihat gambar.
 gambar puzzle
Drop shadow
Menggunakan bentuk yang irregular

Pertama kita import dulu gambar lalu buat bentuk bebas sesuai keinginan Anda. Contohnya gambar di bawah:
 gambar puzzle
Irregular
Pada intinya sama saja seperti membuat pada bentuk regular yaitu Effects > PowerClip > Place Inside Container. Kemudian membuat Graph Paper lalu gunakan lagi PowerClip > Edit PowerClip, kalau sudah klik Stop Editing Contents. Gunakan Ctrl+ A untuk menyeleksi semua objek, pilih Ungroup All, klik kanan pada tanda kemudian drag hasil gambar yang telah terpisah, beri rotasi, efek shadow atau lainnya. Hasilnya adalah seperti berikut ini:
 gambar puzzle
Loading...

 
Top