Bangiz - CorelDRAW merupakan aplikasi grafis yang memiliki fitur lengkap dengan banyak manfaat. Apabila Anda berniat untuk bisa menggambar atau mendesain dengan menggunakan Corel, ada baiknya mengetahui dulu dari alat-alat yang berguna khususnya ketika akan membuat garis.

Lihat juga: Cara Membuat Tulisan Keren

Sebagai dasarnya, Corel digunakan yaitu versi X6. Dalam versi ini alat yang bisa digunakan untuk membuat suatu garis yaitu ada 8 macam. Dari semuanya itu, kalau kita sudah terbiasa paling hanya beberapa saja yang sering digunakan tergantung selera dan kebutuhan pastinya. Selengkapnya lihat nama tool beserta fungsinya berikut ini:
8 Tool Untuk Menggambar Garis Pada CorelDRAW
8 Tool untuk menggambar garis
1. Freehand Tool (F5)
Freehand jika diterjemahkan secara bebas yaitu tangan Anda bebas untuk membuat garis apa saja. Freehand memungkinkan menggambar garis dan kurva seperti jika Anda sedang membuat sketsa pada pad sketsa. Cara cepat untuk memanggil Freehand tool ini dengan menekan F5 pada keyboard.

2. 2-Point Line Tool
2-Point Line Tool berguna untuk menggambar segmen garis dua titik lurus baik itu bersifat horizontal, vertikal, maupun diagonal. Dimulai dari titik awal hingga titik akhir yang diinginkan.

3. Bézier Tool
Bézier Tool berguna untuk menggambar garis dan kurva node dengan simpul. Jadi antara node satu dengan lainnya akan menjadi satu kesatuan baik berupa garis maupun kurva.

4. Artistic Media (I)
Artistic Media berfungsi untuk menggambar kurva tetap atau variabel ketebalan. Dengan ini Anda juga dapat menambahkan efek lainnya seperti brush, spray, calligraphi, dan pressure. Cara cepat memanggil Artistic Media yaitu dengan menekan huruf I.

5. Pen Tool
Pen Tool berguna untuk menggambar garis satu segmen (melengkung atau lurus) pada suatu waktu dengan menempatkan setiap node dengan presisi dan mengendalikan setiap bentuk segmen melengkung. Cara mudah membuat garis lurus dengan menggunakan PenTool ini ialah dengan menekan tombol Shift pada keyboard.

6. B-Spline Tool
B-Spline Tool memungkinkan Anda menggambar garis melengkung dengan menetapkan titik kontrol yang membentuk kurva tanpa memecahnya menjadi segmen.

7. Polyline Tool
Polyline Tool berguna untuk menggambar garis freehand (dengan segmen melengkung dan lurus) seperti jika Anda sedang membuat sketsa pada pad sketsa. Ketika membuat garis lurus gunakan tombol Shift pada keyboard.

8. 3-Point Curve Tool
3-Point Curve Tool memungkinkan Anda menggambar kurva dengan mendefinisikan titik awal, titik akhir, dan pusat.

Itulah ke-8 tool yang berguna ketika Anda membuat suatu garis maupun kurva dengan menggunakan CorelDRAW. Kira-kira tool mana yang akan menjadi favorit Anda? Jika berkenan, silahkan berbagi dengan menambahkan pada kolom komentar.
Loading...

Post a Comment

 
Top