Bangiz - Memang sangat menyebalkan apabila kita sedang mengerjakan banyak tugas atau kerjaan, lalu komputer atau laptop kita berjalan lambat. Banyak penyebab yang dapat menyebabkan komputer Anda menjadi lambat, berikut Bangiz merangkumnya menjadi beberapa hal saja, lebih lengkapnya cari tahu dibawah ini:

Komputer lambat bikin stres
Komputer lambat

Menggunakan OS lama


Ketika Anda mendapatkan pemberitahuan berupa jendela pop-up kecil yang mengatakan saatnya untuk meng-upgrade sistem operasi Anda, sebaiknya jangan mengabaikannya. Alasannya adalah produsen terus memperbaiki komputer dan software bug untuk membantu hal-hal berjalan sedikit lebih lancar. Sehingga akan merugikan Anda sendiri jika tidak meng-upgradenya.

Terlalu banyak menyimpan foto


Foto menjadi sesuatu untuk mengingat masa lalu secara visual. Tetapi kalau Anda terlalu banyak menyimpan foto apalagi tidak dikompress pasti akan sangat memakan ruang di hard drive Anda, yang dapat membuatnya jadi lambat. Jangan biarkan hal itu terjadi, cobalah untuk memonitor penyimpanannya secara teratur. Untuk membebaskan sedikit ruang, ada baiknya disortir, atau menghapus foto yang kiranya sudah tidak diperlukan. 

Hal lainnya bisa dengan mengosongkan sampah, menghapus file sampah, menghapus registry yang sudah tidak terpakai, hapus aplikasi tidak digunakan. Adapun foto-foto, bisa Anda simpan dalam hard drive eksternal atau, lebih baik lagi, upload ke layanan berbasis cloud seperti Google Foto atau Dropbox.

Menjalankan banyak program sekaligus


Salah satu penyebab lainnya ialah terlalu banyak program yang dijalankan pada waktu bersamaan. Hal itu pastinya tidak baik apalagi jika RAM (Random Access Memory) tidak mendukung sehingga mesin menjadi kewalahan kalau terus dipaksakan membuka banyak program sekaligus.

Terkena virus, malware, atau spyware


Alasan lainnya yaitu komputer Anda terkena virus atau malware baik dari internet maupun dari flashdisk yang terkena virus, pada akhirnya menyebar pada komputer dan membuat kinerjanya kurang optimal. Segera bersihkan dengan antivirus yang anda miliki dan berkualitas bagus. Perlu diketahui bahwa antivirus yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin komputer Anda bisa memperlambat komputer itu sendiri.

Kepanasan


Hal yang dapat membuat komputer atau laptop menjadi panas ialah karena terlalu lama dipakai, apalagi kalau digunakan untuk bermain game dengan spek yang kurang sesuai pasti akan cepat panasnya. Untuk mengatasi hal tersebut ada baiknya menggunakan pendingin atau cooling pad.

Itulah beberapa alasan yang menyebabkan komputer menjadi lambat atau lemot. Jika Anda mengetahui alasan lainnya silahkan berbagi dengan kami dengan cara menambahkan di kolom komentar.
Loading...

Post a Comment

 
Top