Halo sahabat Bangiz, pastinya tahu apa itu URL. Kalau Anda belum tahu, sedikit Bangiz beri gambaran. URL merupakan singkatan dari Uniform Resource Locator yang berarti rangkaian karakter menurut suatu format standar yang telah ditentukan dan digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber di internet. Adapun sumber tersebut bisa berarti artikel, dokumen, dan gambar.

Sekarang bagaimana cara membuat shortcut dari URL? Shortcut biasanya dibuat sebagai menu pintasan untuk memudahkan dalam membuka aplikasi atau games di komputer atau laptop, sehingga kita tidak perlu repot membuka melalui my komputer atau drive yang lainnya.
 shortcut
Shortcut
Cara membuat shortcut URL kali ini Bangiz menggunakan Notepad++, apabila Anda belum punya silahkan bisa download disini
Tutorial membuat shortcut URL:

1. Buka Notepad++.

2. Silahkan copy kode berikut pada Notepad++ yang telah dibuka:
[InternetShortcut]
URL=http://bangiz.blogspot.com/
notepad
Kode membuat shortcut
3. Save atau Ctrl+S. Pilih mau dimana shortcut tersebut akan disimpan. Lalu pada penamaan file akhiri dengan ".url" (tanpa tanda petik dua), untuk Save as type pilih saja All File.
save shortcut
Save
4. Klik Save.

Berikutnya silahkan cek apakah shortcut URLnya sudah jadi atau belum? Kalau sudah jadi maka ketika shortcut tersentuh mouse maka akan muncul alamat URLnya dan kalau di klik dua kali maka akan langsung terbuka pada browser.
shortcut
Hasil shortcut
Demikian tutorial tentang membuat shortcut URL yang bisa Bangiz bagikan kali ini. Apabila ada pertanyaan seputar topik silahkan tinggalkan komentar Anda dan jangan lupa bantu share melalui jejaring sosial atau follow Bangiz untuk mendapatkan update terbaru.

Loading...

Post a Comment Blogger

 
Top