Bangiz - Buat Anda pengguna Word 2007 maupun PowerPoint 2007 pastinya harus mengetahui cara merubah format huruf secara keseluruhan, dalam bahasa Inggrisnya disebut 'Change Case'. Hal ini pastinya akan memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan, menghemat waktu dan energi tentunya daripada harus mengetik ulang. 

Merubah Huruf Kapital di WordCara berikut dapat diterapkan pada Word dan PowerPoint 2007 baik untuk merubah kata, kalimat, atau paragraf. Langsung ikuti saja caranya berikut ini:

1. Seleksi teks yang ingin Anda ubah formatnya.
2. Pada tab Home, fokus pada group Font, klik Change Case (tanda Aa) lalu pilih pilihan yang diinginkan.

Change Case
Change Case

  • Sentence Case: Huruf pertama besar dan huruf lainnya kecil.
  • lowercase: merubah setiap huruf jadi kecil.
  • UPPERCASE: merubah setiap huruf jadi besar.
  • Capitalize Each Word: Setiap huruf di awal kata menjadi huruf besar dan huruf lainnya kecil.
  • tOGGLE cASE: Kebalikan dari Capitalize Each Word, dimana setiap huruf di awal kata menjadi huruf kecil dan lainnya besar.

Anda juga bisa menggunakan format huruf kapital kecil (Small Caps), caranya pada bagian Font di tab Home, klik tanda panah ke bawah di sudut kanan bawah. Pada kotak dialog Font, lalu bagian Effects, centang tanda Small Caps lalu klik OK.

Small caps font
Small caps font

Cara Cepat Merubah Huruf Besar Kecil Pada Word 2007


Cara cepat bisa digunakan dengan memakai keyboard shortcut, pertama-tama jika ingin merubah secara keseluruhan silahkan gunakan CTRL+A (untuk memblok semua tulisan), untuk sebagian bisa menggunakan mouse. Selanjutnya gunakan tombol SHIFT+F3 beberapa kali untuk memilih gaya yang diinginkan.

1. Ctrl+A (seleksi sebagian dengan mouse/keyboard)
2. Ctrl+F3

Sekian tips kali ini tentang cara merubah huruf baik dari besar ke kecil, kecil ke besar, besar semua, kecil semua, maupun besar kecil. Mau berbagi tulisan ini silahkan gunakan tombol sesial media serta jangan lupa ikuti kami untuk mendapatkan tips dan trik lainnya.
Loading...

Post a Comment Blogger

 
Top