Bangiz - Kadang dengan adanya cuaca yang tidak menentu, kalau saja tubuh kita tidak memiliki sistem kekebalan tubuh yang bagus, maka dipastikan akan mudah terkena berbagai penyakit. Supaya kesehatan tubuh tidak mudah rentan terhadap berbagai macam infeksi hendaklah kita meningkatkan kemampuan sistem imun tubuh. Dengan sistem imun yang kuat, penyakit dapat dengan mudah dikalahkan.

Baca juga: 10 Makanan Untuk Bakar Kalori

Jenis makanan yang bagus untuk sistem kekebalan tubuh ini tidaklah berbeda dari diet sehat biasa. Tetapi selama musim hujan datang, perawatan ektra ini sangat diperlukan apalagi kalau Anda memiliki anak kecil. Berikut adalah 10 jenis makanan yang bagus untuk meningkatkan sistem imun untuk keluarga Anda:

1. Telur
Telur merupakan makanan kaya akan protein. Dengan satu telur setiap hari, Anda dan keluarga akan mendapatkan dosis yang baik dari semua vitamin yang diperlukan, mineral dan protein serta kekuatan untuk melawan flu dan batuk. 

2. Vegetarian
Makanan lainnya yang harus dikonsumsi yaitu vegetarian. Sup merupakan makanan yang bermanfaat karena Anda dapat menambahkan berbagai macam sayuran dan juga daging ke dalamnya. Misalnya: daging sapi, daging atau ceker ayam, buncis, kentang, seledri, kol, dan sebagainya.

3. Buah-buahan Segar
Buah-buahan Segar
Buah-buahan Segar
Salah satu manfaat buah musiman ialah ia dapat menangkal penyakit yang berhubungan dengan musim itu. Usahakan untuk mendapatkan buah yang masih segar. Meskipun begitu, buah-buahan yang sepanjang musim dapat ditemukan juga sangat bagus untuk sistem imun. Ada banyak buah-buahan yang sudah terbukti bagus untuk kesehatan, misalnya saja: apel, jeruk, semangka, melon, mangga, sirsak, dan lain-lain.

4. Almond 
Almond sangat baik untuk penglihatan, membuat kulit bersinar dan sistem kekebalan tubuh yang sehat. Salah satu cara yang bisa Anda coba yaitu silahkan rendam almond dalam air semalam lalu kupas untuk dapat dikonsumsi oleh keluarga. Anda juga dapat menggiling almond dan mencampurnya dalam susu dan memberikannya kepada anak-anak Anda.

5. Rempah-rempah
Rempah-rempah
Rempah-rempah
Indonesia kaya akan rempah-rempah, oleh sebab itu tidak akan kesulitan untuk mendapatkannya. Ketika menyiapkan makanan, cobalah untuk memasukkan kunyit, cengkeh, ketumbar, lada dan kayu manis sesuai jenis makanan yang akan dihidangkan.

6. Kacang-kacangan 
Kacang-kacangan
Kacang-kacangan
Sumber protein bisa didapatkan melalui tumbuhan yaitu berupa kacang-kacangan. Protein penting bagi tubuh karena membantu dalam membangun dan memperbaiki sel-sel. Karena pergantian musim, kadang tubuh rentan terhadap penyakit, jadi makanan ini bagus untuk dikonsumsi.

7. Teh Herbal
Ada berbagai jenis teh, dan semuanya memiliki manfaat yang bagus untuk tubuh. Salah satunya yaitu teh herbal. Teh mengandung antioksidan membantu dalam memerangi kuman dan penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

8. Jahe
Selama musim, sistem kekebalan tubuh menjadi lemah dan perut sudah rentan untuk menangkap infeksi. Mengkonsumsi jahe adalah cara terbaik untuk menjaga perut sehat dan bebas dari infeksi. Dengan meminum jahe, maka tubuh akan merasa hangat karena kandungan dari jahe tersebut.

9. Bawang putih 
Anak-anak kadang agak rewel tentang makanan tetapi kita harus tetap menjaga mereka sehat, caranya yaitu dengan yang terbaik. Bawang putih dapat ditambahkan untuk pasta dan makanan lainnya.
Loading...

Post a Comment

 
Top