Bangiz - Pernahkah Anda mengalami ketika membuka sebuah blog atau situs yang muncul malah halaman error, "404 Not Found, We're sorry but we could not find the page you are looking for. This may happen if you have entered site url incorrectly or this page doesn't exist anymore. You can try searching page again or go back to home". Pastinya ada beberapa alasan yang bisa menyebabkan halaman tersebut error. Salah satunya halaman tersebut sudah di hapus oleh pemiliknya, situs tersebut di banned oleh Google atau alasan yang lainnya.

webmaster
Menghapus Halaman Error Pada Blog
Untuk Anda yang memiliki blog atau situs lainnya ada baiknya memeriksa halaman-halaman yang error karena akan merugikan. Supaya pemilik bisa mengatasi masalah tersebut pihak Google telah menyiapkan yang namanya Webmaster Tool. Lebih jelasnya tentang cara menghapus halaman error simak saja berikut ini:

1. Masuk dengan akun Google ke Webmaster Tool
2. Jika memiliki beberapa blog, silahkan pilih blog yang akan diperiksa
3. Di halaman berikutnya akan ada beberapa menu utama di sebelah kiri, pilih Crawl > Crawl Errors
   
 crawl errors
Crawl Errors
4. Kalau sudah selesai loading, lihat di kolom kanan. Disana ada tulisan URL Errors > klik Not found (angka yang tertera adalah jumlah link yang error)

 url errors
URL Errors
5. Anda bisa mencoba memperbaiki dengan mencentang semua link kemudian pilih MARK AS FIXED - berikutnya akan tulisan yang mengatakan bahwa kesalahan ini tidak akan tercantum lagi (tetapi mungkin akan kembali lagi jika masalah tidak diatasi)

6. Kalau menggunakan cara nomor 5 kesalahan masih muncul maka ada baiknya Anda menghapus URL tersebut.Pilih Google Index > Remove URLs (saran saya klik kanan lalu buka di tab baru)

 remove urls
Remove URLs
7. Kembali ke URL Errors (pada nomor 4), klik URL yang akan dihapus > di jendela yang muncul klik kanan pada alamat URL yang berwarna biru lalu pilih Copy Link Location atau untuk membuktikan silahkan klik kiri URL-nya

 error
Not found
8. Pergi ke tab Google Index lalu klik Create a new removal request > klik kanan pada kolom yang muncul lalu pilih Paste (Ctrl+V) > Continue


 remove urls
Create a new removal request
9. Berikutnya akan muncul URL dan juga Reason yang memiliki tiga pilihan dalam menghapus URL yaitu: 1). Dihapus dari hasil pencarian dan cache, 2). Dihapus hanya dari cache 3). Dihapus dari direktori. Berikutnya klik Submit Request.


 remove urls
Submit request
Untuk penghapusannya sendiri tidak bisa instan seperti Anda menghapus file di komputer, jadi statusnya pending dulu. Setelah beberapa hari kemudian, Anda baru bisa mengecek lagi hasilnya. Untuk request removalnya sendiri harus dilakukan satu per satu tidak bisa sekaligus. Jadi apabila blog Anda memiliki banyak halaman error harus lebih sabar tentunya :). Sekian pembahasan cara menghapus halaman error pada blog. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar.
Loading...
 
Top