Bangiz - Probiotik adalah organisme atau mikroorganisme hidup seperti bakteri atau ragi yang diyakini untuk meningkatkan kesehatan. Probiotik tersedia dalam suplemen dan makanan. Gagasan mengambil bakteri hidup atau ragi mungkin tampak aneh pada awalnya. Tapi dalam tubuh kita secara alami banyak organisme tersebut. Misalnya dalam sistem pencernaan terdapat lebih dari 500 jenis bakteri. Mereka membantu menjaga usus sehat dan membantu dalam mencerna makanan. Mereka juga diyakini membantu sistem kekebalan tubuh.

 probiotik
Gambar Probiotik
Probiotik juga dapat berguna secara tak terduga. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2010 menunjukkan bahwa probiotik dapat menurunkan risiko penyakit anak yang umum seperti infeksi telinga, radang tenggorokan, dan pilek. Berikut ini adalah makanan yang mengandung probiotik serta bermanfaat untuk kesehatan. Sehingga sangat baik untuk mengontrol diet anda. 

10. Suplemen Probiotik

Selain dapat ditemukan dalam makanan, probiotik juga bisa didapat sebagai makanan tambahan atau suplemen dalam bentuk kapsul, tablet, serbuk, dan cecair. Walaupun tidak mengandungi nutrisi seperti yang terdapat dalam makanan, pastinya lebih mudah untuk diambil dan dibawa kemana-mana.

9. Kombucha

Kombucha merupakan jamur teh yang dipercaya sebagai penyembuh berbagai macam penyakit. Kombucha berasal dari Asia Timur dan tersebar ke Jerman melalui Rusia sekitar pergantian abad ke-20. Saat ini banyak digunakan di rumah tangga di berbagai negara di Asia

Kombucha tea (teh kombucha) merupakan produk minuman tradisional hasil fermentasi larutan teh dan gula dengan menggunakan starter mikroba kombucha (Acetobacter xylinum dan beberapa jenis khamir) dan di fermentasi selama 8-12 hari. kombucha adalah suatu ramuan minuman kuno, yang merupakan hasil dari simbiosis murni dari bakteri dan ragi kombucha. Selama proses fermentasi dan oksidasi berlangsung, terjadi bermacam-macam reaksi pada larutan teh-manis secara asimilatif dan disimilatif. Jamur teh memakan gula, dan sebagai gantinya memproduksi zat-zat bermanfaat yang dalam minuman tersebut, seperti asam glukuronat, asam laktat, vitamin, asam amino, antibiotik, serta zat-zat lain. Maka dari itu, jamur kombucha ini bagaikan sebuah pabrik biokimia mini.

8. Kimchi

Kimchi adalah makanan tradisional asal Korea, merupakan jenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah.

Sayuran yang paling umum dibuat kimchi adalah sawi putih dan lobak. Di Korea, kimchi selalu dihidangkan di waktu makan sebagai salah satu jenis banchan yang paling umum. Kimchi juga digunakan sebagai bumbu sewaktu memasak sup kimchi (kimchi jjigae), nasi goreng kimchi (kimchi bokkeumbap), dan berbagai masakan lain.

7. Sauerkraut

Sauerkraut atau kol asam adalah makanan Jerman hasil fermentasi dari kubis yang diiris halus dengan berbagai bakteri asam laktat, seperti Leuconostoc, Lactobacillus dan Pediococcus. Sauerkraut dapat bertahan lama dan memiliki rasa yang cukup asam, hal ini terjadi disebabkan oleh bakteri asam laktat yang terbentuk saat gula di dalam sayuran berfermentasi.

6. Tempe

 tempe
Tempe
Tempe dibuat dari biji kedelai dan beberapa bahan lain dengan menggunakan beberapa kapang Rhizopus yang difermentasi. Makanan ini kaya akan vitamin B12 dan sejenis antibiotik untuk melawan bakteria tertentu. Selain itu, tempe mengandungi protein yang sangat tinggi. Untuk mengolahnya bisa dipanggang, bakar atau tumis untuk hidangan yang lezat.

5. Kefir

Probiotik Kefir, merupakan minuman berasal dari Eropah Timur, tebal, berkrim, dan masam seperti yogurt. Bisa dikatakan sebagai campuran antara yogurt dan susu, atau pun smoothie susu.  Satu cara yang lezat untuk memasukan probiotik dan vitamin ke dalam sistem Anda.Untuk membuatnya bisa dengan memasukkan butiran kefir pada susu sapi, kambing, atau domba.

4. Jeruk

Untuk mendapatkan probiotik dari jeruk, pilih jeruk yang difermentasi secara semula jadi di mana cuka tidak digunakan dalam proses penjerukan. Larutan garam laut dan air menggalakkan pertumbuhan bakteria baik dan turut memberikan beberapa manfaat. Anda bisa memasukkan jeruk ke dalam sandwich untuk meningkatkan probiotik.

3. Susu Soya

Banyak produk susu yang beredar di pasaran saat ini. Salah satunya yaitu susu soya yang mengandung beberapa manfaat probiotik. Susu soya sendiri bukanlah terbuat dari susu sapi melainnya dari kedelai. sehingga apabila anak kecil atau balita mengalami alergi susu sapi maka disarankan untuk menggantinya dengan susu soya.

2. Sup Miso

Sup Miso adalah sup tradisional Jepang yang mengandungi pes kacang soya difermentasi dan stok “dashi”. Beberapa bahan lain seperti taufu dan sayuran ditambahkan ke dalamnya. Makanan ini sangat popular di restoran Jeppang, contoh Sushi King. Ia rendah kalori dan tinggi dalam probiotik, vitamin B, antioksidan dan protein.

1. Yogurt

 yogurt and strawberry
Yogurt dan Strawberry
Yogurt adalah sumber probiotik yang paling biasa. Bakteria “baik” seperti lactobacillus atau bifidobacteria menjaga keseimbangan yang sehat di dalam usus Anda. Kajian menunjukkan bahawa probiotik bisa membantu mengurangi intoleransi laktosa serta membantu mengurangi gas atau angin dan masalah penghalang lainnya. Jika Anda membeli yoghurt, lihat dahulu komposisi di dalamnya karena tidak semua yogurt memiliki komposisi sama.

Baca juga:

Itulah sepuluh makanan yang banyak mengandung probiotik dan memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Apabila Anda memiliki makanan lainnya yang mengandung probiotik, silahkan tambahkan di kolom komentar. Jangan lupa ikuti Bangiz melalui sosial media untuk mendapatkan update terbaru.
Loading...

Post a Comment

 
Top