Bangiz - Setiap manusia tentunya banyak memiliki keinginan dan salah satunya ingin selalu sehat. Kadang sehat juga tidak cukup, misalnya ingin kurus untuk yang memiliki badan agak gemuk atau obesitas dan bisa juga sebaliknya yang kurus ingin gemuk. Kadang diet yang berlebihan tidak bagus juga untuk tubuh Anda dan sebagai alternatifnya Anda harus bisa memilih makanan yang akan membantu dalam proses metabolisme juga bisa cepat membakar kalori dalam tubuh. Berikut ini adalah makanan yang bisa mempercepat pembakaran kalori dalam tubuh kita:

Baca juga: 9 Makanan Untuk Mningkatkan Sistem Imun

10 Makanan Untuk Membakar Kalori
Buah & Sayur
1. Alpukat 
Buah alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dapat mempercepat metabolisme tubuh dan melindungi. Selain itu, alpukat memiliki banyak manfaat kesehatan yang luar biasa. Bisa  mengurangi kadar kolesterol, menyembuhkan luka, mengurangi risiko  penyakit jantung dan stroke dan baik untuk mata dan rambut kepala.

2. Jeruk Bali
Jeruk Bali akan mempercepat metabolisme dan membantu membakar lebih banyak kalori. Dengan mengkonsumsi buah ini juga akan membantu Anda merasa kenyang lebih cepat dan lebih lama dengan sedikit kalori. Selain itu, jeruk kaya akan serat yang dapat membantu menstabilkan kadar glukosa darah Anda. Jeruk bali mengandung zat inositol yaitu zat alami pembakar lemak yang memiliki rasa sedikit pahit. Zat tersebut akan memicu proses metabolisme dan melancarkan sistem pencernaan. 

3. Teh Hijau 
Untuk Anda yang suka mengkonsumsi teh khusnya teh hijau, ternyata sangat baik untuk mempercepat bakar kalori. Selain itu teh kaya akan antioksidan, teh hijau meningkatkan metabolisme dan membantu menurunkan berat badan untuk Anda yang mau menurunkan berat badan. 

4. Omega-3 
Omega-3 bertindak sebagai regulator metabolisme. Omega-3 adalah asam lemak yang mempengaruhi tingkat hormon leptin yang mengontrol bagaimana lemak dpat cepat terbakar. Omega-3 tidak diproduksi oleh tubuh kita, jadi kita bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi ikan (seperti tuna, salmon, herring atau yang lainnya ) atau melalui aditif khusus dan suplemen omega-3. 

5. Kopi 
Kopi merupakan salah satu minuman yang banyak digemari di seluruh dunia. Apalagi saat ini sudah banyak sekali rasa dan aroma yang tersedia dan dapat didapatkan dengan mudah di minimarker atau warung terdekat. Tapi alangkah baiknya jika mengkonsumsi kopi dengan tidak banyak menggunakn krim dan gula sebagai penggantinya Anda bisa menggunakan kayu manis.

6. Makanan Pedas
Semua makanan yang memiliki rasa pedas termasuk dalam kelompok makanan yang dapat membantu membakar kalori lebih cepat. Makanan tersebut tidak kaya kalori dan mungkin menjadi tambahan yang bagus untuk makanan Anda. Makanan pedas ini misalnya cabai cengek, cabe rawit, saus dan lainnya.

7. Jahe

Jahe termasuk makanan yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh,  memperluas pembuluh darah dan merangsang sirkulasi di tubuh kita. Selain itu jahe jahe adalah makanan yang menghangatkan, untuk pengolahannya bisa dijadikan minuman hangat juga makanan lainnya.

8. Madu
Selain rasanya yang manis, madu termasuk makanan yang baik untuk kesehatan tubuh kita. banyak sekali manfaat madu untuk tubuh dan salah atunya yaitu untuk mempercepat membakar kalori. untuk mengkonsumsinya bisa secara langsung maupun dicampur dengan air hangat. 

9. Susu
Dengan meminum susu sebelum tidur ternyata dapat membakar lemak ketika Anda sedang tidur. Seperti yang kita tahu bahwa susu banyak mengandung kalsium yang bagus untuk tulang, menurunkan berat badan, menjaga insulin tetap rendah sehingga akan meningkatkan metabolisme dan membakar kalori.  

10. Biji-bijian
Studi menunjukkan bahwa biji-bijian lebih sehat daripada biji-bijian olahan, juga akan menurunkan risiko terkena penyakit kronis. Jenis biji-bijian juga baik untuk diet yang dibutuhkan waktu lebih banyak untuk mencerna dan Anda tidak akan mendapatkan lapar untuk jangka waktu yang lama. Seluruh biji-bijian kaya akan berbagai vitamin, mineral dan karbohidrat tapi memiliki lemak yang rendah. Contohnya biji bunga matahari, biji wijen, biji labu dan sebagainya.

Baca juga: 7 Makanan Yang Bagus Dikonsumsi Setiap Hari

Itulah 10 makanan yang mempu membakar kalori lebih banyak untuk tubuh kita, walaupun sebenarnya masih banyak makanan lainnya yang bagusuntuk kesehatan dan bagus juga untuk mempercepat bakar kalori. Apabila mau menambahkan silahkan tulis pada komentar mudah-mudahan bermanfaat untuk orang lain. Sekian semoga bermanfaat.

Loading...

 
Top