Tahukah Anda negara mana saja yang paling damai di dunia? Sejak tahun 2007, Global Peace Index telah dikeluarkan oleh IEP (Institute for Economics and Peace) yang merupakan pengukuran negara dan daerah yang damai berdasarkan ukuran eksternal dan internal. Berikut ini Bangiz akan berbagi informasi tentang 10 negara terdamai menurut Global Peace Index.

10. Jepang
10 Negara Paling Damai

Jepang terletak di Asia Timur dan merupakan salah satu negara yang paling mempesona karena kekayaan budaya, Jepang memiliki perekonomian terbesar ketiga di dunia. Sejak Perang Dunia II, Jepang sudah benar-benar damai, dengan sedikit konflik internal dan kejahatan yang rendah. Apalagi, negara ini menjaga hubungan Cordial dengan tetangga-tetangganya. Jepang tidak memiliki militer profesional sejak akhir Perang Dunia II.

9. Switzerland
10 Negara Paling Damai
Swiss adalah negara yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari Pegunungan Alpen. Swiss dikenal sebagai negara netral dalam isu-isu politik regional, internasional dan komprehensif, namun tetap memiliki kerjasama internasional yang kuat dengan berbagai klub negara di seluruh dunia. Menurut IEP, Swiss Menjaga pemerintahan yang berfungsi dengan baik dan budaya politik yang terbuka. Swiss memiliki rendahnya tingkat kejahatan kekerasan. 

8. Republik Ceko
10 Negara Paling Damai
Republik Ceko merupakan negara yang baru karena meraih kemerdekaannya dari Blok Soviet pada tahun 1989 dengan nama Cekoslowakia karena Revolusi Velvet akhirnya terpisah menjadi dua yaitu Republik Ceko dan Slovakia. Setelah pembagian Cekoslowakia, Republik Ceko berkonsentrasi untuk membangun ekonomi kapitalis yang kuat dan menciptakan iklim yang stabil untuk investasi. Sehingga pada tahun 2009, Indeks Pembangunan Manusia (HDI) di Republik Ceko memiliki tingkat pembangunan manusia sangat tinggi. Negara ini terkenal dengan ibukotanya yang megah yaitu Praha dan keindahan alam yang  menarik bagi wisatawan dari seluruh dunia.

7. Belgia
10 Negara Paling Damai
Menurut Indeks Perdamaian Global, Belgia merupakan salah satu yang terbaik dan paling damai sebagai tempat untuk tinggal di Eropa dan di dunia. Belgia terletak di bagian barat benua Eropa. Negara ini merupakan negara anggota pendiri Uni Eropa dan menjadi ibukota Uni Eropa, serta organisasi internasional lainnya termasuk NATO yang berada di ibukota Belgia yaitu Brussels sebagai kota abad pertengahan, balai kota yang indah, istana megah, keindahan alam dan menawan. Belgia memiliki pengalaman krisis dalam pemerintahnya selama periode 2008-2011.

6. Islandia
10 Negara Paling Damai
Islandia menduduki peringkat sebagai salah satu The klub negara paling damai di dunia. Islandia memiliki keindahan alam yang spektakuler. Wisatawan dari seluruh penjuru dunia makan ke Islandia untuk melihat gletser yang besar dan gunung berapi, serta banyak keindahan alam lainnya dan berbagai atraksi unik di Reykjavik, ibukota Islandia. Islandia atau disebut juga Tanah Es adalah sebuah negara Nordik yang terletak di sebelah barat laut Eropa dan sebelah utara Samudera Atlantik, yang terdiri dari Pulau Islandia dan beberapa pulau kecil disekitarnya.

5. Swedia
10 Negara Paling Damai
Salah satu klub negara Skandinavia yang paling indah, Swedia terletak di ujung utara Eropa. Meskipun Swedia adalah salah satu eksportir senjata terbesar di Eropa, negara ini memiliki tingkat kejahatan atau perampokan yang rendah (hanya 9.000 per tahun) Dibandingkan dengan Amerika Serikat (sekitar 350.000 per tahun). menurut Indeks Perdamaian Global, Swedia adalah salah satu dari  klub negara paling damai di dunia.

4. Slovenia
10 Negara Paling Damai
Sebuah negara Eropa yang indah, Slovenia adalah klub negara paling damai di dunia. Slovenia merupakan negara pesisir sub-Alpin di selatan Eropa Tengah berbatasan dengan Italia di sebelah barat, Laut Adriatik di barat daya, Kroasia di selatan dan timur, Hungaria di timur laut, dan Austria di utara. Negara ini mendapat nilai terendah dalam pendanaan untuk misi penjaga perdamaian PBB, jumlah polisi dan petugas keamanan, tingkat kriminalitas dalam masyarakat, jumlah Konflik internal yang terorganisir, protes keras dan jumlah perang internal dan eksternal. Selain itu, Slovenia memiliki kota-kota yang indah seperti Maribor dan Ljubljana yang penuh dengan budaya yang unik, Slovenia adalah tujuan wisata yang fantastis.

3. Singapura
10 Negara Paling Damai
Singapura merdeka pada tahun 1965 sebagai negara republik yang berdaulat. Negara ini telah bekerja dengan PBB dan badan-badan pendukungnya juga berpartisipasi dalam global, multilateral dan unilateral berbagai Organisasi Mempromosikan kerjasama internasional, termasuk WTO (Organisasi Perdagangan Dunia). Singapura adalah antara klub negara Paling damai di dunia serta salah satu negara terkaya di dunia.  Tingkat pembunuhan dan kejahatan kekerasan lebih rendah dibandingkan tingkat kriminal. Singapura adalah pusat keuangan terdepan keempat di dunia dan sebuah kota dunia kosmopolitan yang memainkan peran penting dalam perdagangan dan keuangan internasional. Pelabuhan Singapura adalah satu dari lima pelabuhan tersibuk di dunia.

2. Norwegia
10 Negara Paling Damai
Menurut Global Peace Index, Norwegia adalah salah satu klub negara yang paling damai di dunia dan tempat yang ramah dan aman untuk tinggal. Norwegia adalah negara dengan tingkat pembangunan manusia tertinggi di dunia, ditambah pemerintah Oslo yang selalu menempatkan perdamaian di garis depan. Negara ini terletak di Semenanjung Skandinavia bagian ujung barat yang berbatasan dengan Swedia, Finlandia, dan Rusia. Pantainya yang berada di Samudera Atlantik Utara dan Laut Barents adalah lokasi dari fyord terkenal. Norwegia merupakan negara dengan kepadatan penduduk terendah kedua di Eropa. Norwegia memiliki cadangan minyak bumi, gas alam, mineral, makanan laut, air segar yang luas dan juga penghasil minyak dan gas alam per kapita terbesar di luar Timur Tengah.

1. Denmark
10 Negara Paling Damai
Denmark menempati puncak daftar negara-negara paling damai di dunia karena itu benar-benar tempat yang aman untuk hidup. Bahkan ketika Kopenhagen, ibukota Denmark, berada di bawah pendudukan Nazi Selama Perang Dunia II, mereka tidak melawan. Intinya adalah bahwa orang-orang yang tinggal di Denmark lebih memilih untuk fokus pada masalah ekonomi, bukan melibatkan diri di berbagai konflik bersenjata. Orang Denmark sangat ramah, terbuka dan membantu. Denmark merupakan tempat yang paling menyenangkan di dunia dilihat dari standar kesehatan, kesejahteraan dan pendidikan.

Itulah daftar dari 10 negara paling damai di dunia. Suatu keberuntungan jika Anda bisa tinggal di salah satu negara di atas  dan mudah-mudahan negara yang kita tempati saat ini bisa menjadi negara yang aman, damai, tenteram dan sejahtera juga para pemimpinnya tidak pada korupsi.
Loading...

 
Top