Bangiz - Font atau huruf pada sebuah dokumen memiliki arti yang penting, karena dengan adanya font kita bisa menulis kata, kalimat, paragraf, dan lainnya hingga membentuk sebuah artikel ataupun dokumen. Microsoft Word merupakan software khusus yang banyak dikenal untuk membuat sebuah dokumen yang pastinya banyak digunakan di seluruh dunia berada dalam satu bundle Microsoft Office bersama dengan MS. Excel, MS. Power Point, dan lainnya.
Pengaturan Font Pada Microsoft Word
Pengaturan font
Sekarang ini admin mau berbagi tentang hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang fungsi atau pengaturan Font pada MS. Word khususnya buat yang sedang belajar tentang Word. Guna mempermudah silahkan buka aplikasi Microsoft Word Anda. Jika sudah terbuka pilih Menu Home lalu fokus pada Font. Adapun versi yang digunakan di sini ialah Microsoft Word 2007.

Jenis Font / Nama Font
Jenis font pada Word
Jenis font pada Word
Ada banyak nama atau jenis font yang secara default saat Anda menginstall aplikasi Microsoft Office pada komputer atau laptop Anda. Untuk merubah jenis font, klik tanda panah ke bawah, Anda akan melihat Theme Font, Font yang baru digunakan, dan juga semua font tersedia. Untuk membuka pengaturan font bisa juga menggunakan perintah pada keyboard dengan menekan (Ctrl+Shift+F).

Merubah Ukuran Font
Ukuran font pada Word
Ukuran font pada Word
Ukuran font secara default berada antara rentang 8-72, tetapi jika Anda mau bisa mengaturnya menjadi angka <8 hingga >72 (sesuai kebutuhan). Ada beberapa cara untuk menambah maupun mengurangi ukuran font ini. Pertama, menuliskan langsung pada kolom ukuran font. Kedua, mengklik tanda panah ke bawah di samping kolom ukuran font atau klik Ctrl+Shift+P. Ketiga, Menambah ukuran dengan klik tanda A panah ke atas (Ctrl+>), atau mengurangi ukuran dengan klik tanda A panah ke bawah (Ctrl+<).

Menghapus Format Font
Untuk menghapus format font ditandai dengan icon Aa+gambar penghapus atau disamping item untuk memperkecil ukuran font. Caranya dengan menyeleksi dulu kata atau kalimat yang akan diformat ke default, kemudian klik tanda Clear Formatting-nya.

Pengaturan Font lainnya:
Pengaturan font pada word
Pengaturan font
  • B (Ctrl+B): untuk mempertebal huruf. Contoh: Bangiz.
  • I (Ctrl+I): untuk memiringkan huruf (italic). Contoh: Bangiz.
  • U (Ctrl+U): untuk menggaris bawahi. Jika ingin merubah bentuk garis bawahnya silahkan klik tanda panah ke bawah, bisa melihat lebih banyak bentuk underline-nya dengan klik More underlines… (ketik M) dan mengganti warna garis bawahnya. Contoh: Bangiz, Bangiz, Bangiz.
  • Strikethrough: untuk menggambar garis lurus di tengah teks yang terseleksi. Contoh: Bangiz.
  • Subscript (Ctrl+=): membuat huruf kecil di bawah garis teks, Misal: X2.
  • Superscript (Ctrl+Shift++): membuat huruf kecil di atas garis teks, Misal: X2.
  • Change Case: Untuk merubah semua teks yang terseleksi menjadi UPPERCASE, lowercase, atau lainnya. Selangkapnya ada 5 change case, yaitu: Sentence case, lowercase, UPPERCASE, Capitalize Each Word, dan tOGGLE cASE. Maksud dari huruf yang digaris bawah ialah, setelah menyeleksi teks lalu klik tanda Aa kemudian klik salah satu huruf, baik itu S, L, U, C, atau T pada keyboard Anda sesuai keinginan. Selengkapnya baca Merubah Huruf Kapital di Word.
  • Text Highlight Color: membuat tampilan teks seperti ditandai dengan stabilo, atau dengan kata lain membuat warna latar di belakang teks, misal: Bangiz.
  • Font Color: untuk merubah warna font. Bisa dengan memilih warna dulu atau dengan menyeleksi teks dahulu lalu pilih warna yang diinginkan. Contoh: Bangiz, Bangiz.
  • Font (Ctrl+D): untuk menampilkan kotak dialog font. Di sini kita bisa mengatur font secara keseluruhan dan lebih lengkap, serta mengatur Character Spacing.
Itulah kiranya tentang pengaturan font atau huruf pada Microsoft Word perlu Anda kuasai. Jika ingin cepat bisa sebaiknya dipraktekkan secara rutin. Nantikan tulisan berikutnya, silahkan ikuti +Bangiz untuk mendapat pemberitahuan langsung di sosial media.
Loading...

Post a Comment Blogger

 
Top