Bangiz - Ukuran file foto atau gambar yang memiliki jumlah pixel banyak biasanya kualitasnya juga bagus tetapi ukurannya juga akan semakin besar. Untuk merubah ukurannya tersebut, maka perlu dikompres sehingga ukurannya menjadi lebih kecil. Berikut ini adalah salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mengedit photo, merubah ukuran file, membuat animasi GIF dan sebagainya. Namanya adalah Photoscape. Jika belum punya, Anda bisa mendownloadnya secara gratis disini

Dalam tulisan admin kali ini mau berbagi bagaimana cara merubah ukuran file supaya menjadi lebih kecil. Dengan cara berikut, kita mengubah ukurannya file lebih dari satu sekaligus. Mau tahu caranya ikuti cara-caranya berikut ini:


1. Buka PhotoScape, lalu pilih Batch Editor
Batch editor Photoscape
Batch editor

2. Pilih file gambar yang akan Anda ubah ukurannya atau pakai Ctrl + A jika ingin diubah semuanya. Setelah itu drag atau seret file terpilih tadi ke tanda no. 2 (gambar bawah). Selanjutnya pada tanda no.3 pilih adjust width, masukan 320. Pada tanda no. 4 pilih Original Size. Terakhir pilih Convert All (no.5).
gambar yang akan diubah ukurannya
Export dan import foto
3. Tahap selanjutnya adalah penyimpanan hasil atau outputnya. Disana ada 3 cara penyimpanan:
     a. Membuat folder output di bawah perubahan photo yang pertama
     b. Membuat folder output dengan mengganti photo yang sudah ada
     c. Menyimpan photo pada folder yang kita inginkan
Lokasi penyimpanan file Photoscape
Lokasi penyimpanan file
Selanjutnya anda bisa pilih menyimpan dengan nama yang sama atau nama baru dan pengaturan yang lainnya bisa Anda tentukan sendiri. Kalau sudah pilih Save. Tunggu sampai muncul tulisan Converted Complete yang berarti sudah berhasil di konversi semuanya.

4. Selesai dan lihat hasil outputnya.

Itulah tutorial tentang cara merubah ukuran file foto, gambar, atau wallpaper dengan menggunakan software PhotoScape. Mudah-mudahan mudah dimengerti dan dipraktekkan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan juga artikel ini melalui tombol sosial media untuk berbagi tips kepada teman sosial Anda.

Loading...
 
Top