Bangiz - Puasa di bulan Ramadhan hukumnya wajib bagi orang-orang yang beriman, sebagaimana diwajibkan kepada orang-orang sebelum kita dengan tujuan mendapat derajat taqwa menurut pandangan Allah SWT. Dalil tentang kewajiban puasa ini terdapat dalam surat Al-Baqarah ayat 183.

Banyak peristiwa penting terjadi bertepatan dengan bulan Ramadhan, misalnya diturunkannya Al-Qur'an untuk pertama kali yang selanjutnya menjadi kitab suci umat Islam, terjadinya perang Badar yang dimenangkan oleh kaum Muslim, meninggalnya Ali bin Abi Thalib yang dibunuh oleh Abdurrahman bin Muljam, Fatkhul Makkah (Pembebasan Mekah), dan masih banyak peristiwa penting lainnya yang terjadi di bulan Ramadhan.

Berikut adalah koleksi kata mutiara yang berhubungan dengan bulan Ramadhan:
Kata Mutiara Ramadhan Terbaru
Kata Mutiara Ramadhan Terbaru
  • Ramadhan adalah bulan kemuliaan yang lebih baik dari seribu bulan. Berbagai pahala ibadah dilipatgandakan. Selamat menunaikan ibadah Puasa.
  • Berpuasa bukanlah hal yang melemaskan, melainkan menguatkan tekad; bukanlah hal yang menyakitkan, melainkan menyehatkan hati dan fikiran; bukanlah hal yang membuat malas, melainkan penyemangat untuk kehidupan.
  • Jika harta ibarat racun, maka zakat ialah penawarnya. Jika umur ibarat dosa, maka taqwa dan taubat menjadi obatnya. Jika setiap bulan ialah noda, maka Ramadhan adalah pembersihnya.
  • Sakit adalah ujian kesabaran, perjuangan adalah ujian keikhlasan, ukhuwah adalah ujian ketulusan, tawakal adalah ujian keyakinan.
  • Rasulullah SAW bersabda: "Bersahurlah kalian, karena pada santap sahur itu ada keberkahan." (HR. Bukhari)
  • Rasulullah SAW bersabda: "Seorang Muslim yang mempunyai kedua orang tua yang Muslim, kemudian ia senantiasa berlaku baik kepadanya, maka Allah berkenan membukakan dua pintu surga baginya. Kalau ia memiliki satu orang tua saja, maka ia akan mendapatkan satu pintu surga terbuka. Dan kalau ia membuat kemurkaan kedua orang tua maka Allah tidak ridha kepada-Nya". Maka ada seorang bertanya, "Walaupun keduanya berlaku dzalim kepadanya?" Jawab Rasulullah, "Ya, sekalipun keduanya menzhaliminya" (HR. Bukhari)
  • Jangan menjelaskan tentang dirimu kepada siapapun, karena yang menyayangimu tidak butuh itu dan yang membencimu tidak percaya itu. (Ali bin Abi Thalib)
  • Sedekah dapat menghapus dosa, sebagaimana air memadamkan api. (HR. Tirmidzi)




  • Sesungguhnya di surga terdapat sebuah pintu yang bernama ar-Rayyan yang hanya dimasuki orang-orang yang berpuasa. Pada hari kiamat, tidak ada seorang pun yang memasukinya selain mereka, jika mereka telah masuk, maka ia ditutup, maka tidak ada seorangpun yang memasukinya (selain mereka). (HR. Bukhari, Muslim, an-Nasai, dan Tirmidzi)
  • Nabi SAW bersabda: "Tidaklah dunia ini dibanding akhirat kecuali seperti salah seorang diantara kalian memasukkan jarinya ke dalam sungai. Lihatlah apa yang tersisa ketika ia mengeluarkannya?" (HR. Muslim)
  • Kabarkanlah padaku mengenai puasa yang Allah wajibkan." Rasul menjawab, "Yang wajib adalah puasa Ramadhan. Terserah setelah itu engkau mau menambah puasa sunnah lainnya." (HR. Bukhari dan Muslim)
Loading...

Post a Comment Blogger

 
Top