Bangiz - Tempe adalah makanan asli dari Indonesia, jadi sudah sepantasnya kita bangga. Saat ini selain di pasar-pasar atau tukang sayur keliling, tempe mudah juga ditemui di supermarket-supermarket. Tempe merupakan makanan penting, selain harganya yang terjangkau juga bermanfaat untuk kesehatan.

Tempe berbahan utama kacang kedelai yang dikuliti, dimasak, dicampur dengan ragi, lalu diinkubasi selama satu atau dua hari. Setelah proses selesai maka akan muncul miselium putih pada kedelai sehingga terlihat solid dan pastinya akan mudah ketika diiris. Cara memasak tempe juga sangat mudah, bisa digoreng biasa, dibuat orek tempe, tempe mendoan, maupun dicampur dengan bahan makanan lain.

Tempe
Tempe

Kandungan Nutrisi

Tempe menjadi makanan kaya akan serat dan menjadi sumber makanan kaya akan protein, isoflavon, mineral, dan saponin. Nutrisi lain yang terkandung antara lain kalsium, vitamin B, dan zat besi. Tempe juga sebagai sumber yang baik dari lemak tak jenuh tunggal serta tidak mengandung kolesterol. Karena proses pembuatannya alami, sehingga mudah ketika dicerna dalam tubuh.

Membuat Tempe Sendiri

Kalau Anda termasuk orang yang suka bereksperimen terutama dalam hal makanan, tidak ada salahnya untuk mencoba membuat tempe di rumah. Untuk membuat tempe berkualitas pastikan untuk menggunakan bahan-bahan yang berkualitas juga. Dengan begitu, Anda bisa membedakan tempe buatan sendiri dengan tempe buatan orang lain atau pabrik tempe. Dari segi rasa maupun baunya akan jauh lebih baik buatan sendiri. Siapa tahu juga dari coba-coba malah bisa menjadi peluang usaha menguntungkan.

Bahan serbaguna

Tempe memiliki konsistensi kenyal bila diraba atau dipegang sehingga menjadikannya bahan tambahan yang sangat baik untuk berbagai makanan. Cara termudah untuk menyiapkan tempe adalah diiris dahulu, siapkan bumbu khusus supaya memiliki rasa enak, biasanya berbentuk tepung kemudian tambahkan air (aduk hingga tercampur), lalu masukkan tempe yang sudah diiris pada adonan dan goreng pada minyak panas hingga menjadi renyah serta berwarna kecoklatan. Di daerah Bandung, tempe dijadikan asinan yang digoreng kering dan menjadi makanan khas untuk oleh-oleh bagi siapa saja yang berkunjung kesana.

Baca juga: Makanan yang Bagus Untuk Otak

Banyak sekali cara untuk menikmati tempe ini, di tangan-tangan kreatif makanan ini bisa menjadi makanan yang bernilai jual tinggi dengan rasa yang enak. Misalnya saja steak tempe, kalau Anda punya ide unik dari olahan tempe ini boleh lah tambahkan di kolom komentar, siapa tahu bisa menginspirasi orang lain.
Loading...

Post a Comment Blogger

 
Top