Bangiz - Flashdisk adalah alat yang berguna sebagai tempat penyimpanan data baik untuk sementara maupun selamanya tergantung kebutuhan pengguna. Hampir semua jenis data yang ada di komputer bisa juga disimpan dalam flashdisk ini, misalnya gambar, video, file, folder atau yang lainnya. Kapasitas ruang penyimpanannya pun bermacam-macam dan yang terkenal dipasaran sekitar 2GB, 4GB, 8GB sampai 64 GB.


Proteksi Flashdisk
Proteksi flashdisk
Flashdisk ini kebanyakan digunakan sebagai tempat menyimpan data yang penting, sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana jadi bisa digunakan apabila dibutuhkan kapanpun dan dimanapun asalkan ada media lain untuk membukanya seperti komputer, laptop, pemutar mp3 dan sebagainya.

Apabila Anda menganggap data-data yang ada dalam flashdisk ini penting dan jangan sampai diketahui oleh orang lain, maka hal yang perlu Anda lakukan adalah dengan membuat proteksi. Proteksi untuk mencegah tangan-tangan jahil ketika fashdisk Anda dipinjam atau hilang.

Untuk bisa memberi proteksi pada flashdisk, pastikan Anda menggunakan OS Windows 7 atau Windows 8 dan paling penting adalah memiliki flashdisk yang akan diproteksi atau diberi password. Jika sudah disiapkan semuanya, berikut adalah tutorialnya:

1. Tancapkan atau pasang flashdisk pada komputer atau laptop.

2. Pilih menu Start lalu pilih Control Panel.

3. Pilih System and Security kalau menggunakan view by category, tetapi kalau menggunakan view by large icons atau small icons maka bisa langsung memilih BitLocker Drive Encryption.

4. Berikutnya pada flashdisk drive klik Turn on BitLocker.

bitlocker
Turn On BitLocker
5. Centang use a password to unlock the drive lalu masukkan password dan klik next.

 bitlocker drive encryption
BitLocker drive encryption
5. Berikutnya adalah membuat recovery, pilih Save the recovery key to a file yang berfungsi untuk memulihkan password apabila Anda lupa atau bisa juga dengan print recovery key, berikutnya klik next.

6. Selanjutnya tinggal Star Encrypting. Lamanya proses enkripsi tergantung ukuran dari drive. Sebelum proses selesai, maka file Anda tidak akan di proteksi.   

encripting
Encrypting
Ketika proses enkripsi sudah selesai, silahkan buktikan bahwa flashdisk Anda sudah benar-benar di proteksi. Caranya adalah keluarkan / eject flashdisk dari komputer atau laptop lalu pasangkan lagi. Kalau muncul jendela yang menerangkan bahwa drive ini di proteksi oleh BitLocker Drive Encryption, berarti Anda sudah berhasil. Selanjutnya masukkan password yang Anda buat untuk dapat mengakses flashdisk tersebut.

Sekian tutorial yang dapat Bangiz bagikan kali ini, apabila ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar atau bagikan artikel ini via jejaring sosial yang tersedia.
Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post
Loading...

Post a Comment Blogger

 
Top