Bangiz - Halo sahabat semuanya, berikut ini Bangiz mau berbagi trik khususnya untuk Anda yang suka mengedit foto, desain grafis atau sejenisnya. Untuk Anda yang suka selfie juga boleh mencoba trik berikut supaya hasilnya lebih keren. Sesuai dengan judul diatas, yaitu berhubungan dengan efek blur, atau memberi fokus pada bagian tertentu dari sebuah foto atau gambar.


Gambar dengan efek blur
Gambar dengan efek blur
Adapun software yang digunakan kali ini adalah PhotoScape, apabila belum punya silahkan download dahulu disini. Kalau sudah ada langsung ikuti saja caranya berikut ini:

1. Buka PhotoScape, lalu pilih menu Editor (icon camera).

2. Silahkan pilih foto mana yang akan diberi efek, hingga muncul di kolom editornya.

3. Berikutnya pilih menu Home yang terletak di bagian bawah editor > lalu pilih Filter > pilih lagi Region (Out of Focus), lengkapnya lihat gambar:


Cara Membuat Efek Blur Pada Foto
Region (out of focus)
4. Pada jendela munculan, tentukan area foto yang akan diberi fokus. silahkan pilih efek yang diinginkan, misalnya disana ada Blur, Sharpen, Sepia, Grayscale, Negative, Black, White, dsb. Berikutnya atur level, size, dan feather atau pilih reverse the area untuk kebalikannya lalu klik OK.


Cara Membuat Efek Blur Pada Foto
Menentukan area
5. Untuk penyelesaian akhirnya klik tombol Save, berikutnya Anda bisa mengatur kualitas gambar, tempat penyimpanan, dan sebagainya. 


Save
Save
Contoh hasil screenshots:

blur effect
Membuat efek blur
blur effect
Contoh efek pada foto
negatif effect
Foto dengan efek negatif
Demikian tutorial kali ini tentang membuat efek blur dengan menggunakan PhotoScape, apabila ada pertanyaan seputar topik, silahkan tinggalkan komentar. Jangan lupa follow Bangiz melalui sosial media untuk mendapatkan update terbaru.
Loading...

Post a Comment Blogger

 
Top