Tahukah Anda dimana saja gedung-gedung pencakar langit yang tertinggi berada? karena kecerdasan dan dengan ilmu pengetahuan manusia mampu membuat inovasi-inovasi yang luar biasa tentunya dalam berbagai hal. Salah satunya yaitu membuat gedung-gedung pencakar langit yang mana untuk membuatnya dibutuhkan dana yang besar, lahan, waktu, bahan dan tentunya para pekerja dengan keahlian masing-masing.

Supaya bisa menambah wawasan kita tentang dunia, berikut ini Bangiz akan membahas tentang 5 gedung tertinggi yang ada di dunia. Perlu diketahui bahwa sebagian gedung-gedung tersebut pada tahun 2014 ini masih dalam proyek pengerjaan dan ada yang dijadwalkan rampung pada tahun 2016.

 gedung tertinggi di dunia

5. Ping An International Finance Centre 平安国际金融中心 (Shenzen, Cina)

Ping An International Finance Centre

Ping An Finance Centre adalah gedung pencakar langit milik perusahaan Cina Ping An Life Insurance yang memiliki 115 lantai yang dirancang oleh perusahaan arsitektur Amerika Kohn Pedersen Fox Associates. Gedung ini mulai dibangun 2010 dan ditargetkan selesai pada tahun 2016. Apabila telah rampung pengerjaannya maka gedung ini akan menjadi gedung tertinggi nomor 3 di dunia dan gedung tertinggi di Cina.

4. Makkah Royal Clock Tower Hotel (Makkah, Saudi Arabia)

Makkah Royal Clock Tower Hotel

The Abraj Al-Bait Towers, juga dikenal sebagai Mecca Royal Hotel Clock Tower adalah sebuah kompleks bangunan milik pemerintah di Mekkah, Arab Saudi. Menara ini merupakan bagian dari Proyek King Abdulaziz Endowment yang berusaha untuk memodernisasi kota dalam melayani jamaahnya . Kompleks ini memegang beberapa rekor dunia, menara jam tertinggi di dunia dan ukuran jam terbesar di dunia. Makkah Royal Clock Tower Hotel ini dekat dengan tempat paling suci umat Islam yaitu Masjidil Haram.

3. Shanghai Tower 上海 中心 大厦 (Shanghai, Cina)

Shanghai Tower

The Shanghai Tower atau Shanghai Central Tower adalah gedung yang dibangun dibangun di Lujiazui, Pudong, Shanghai. Disini terdapat dua bangunan lainnya yang supertinggi yaitu
Jin Mao Tower dan Shanghai World Financial Center. Pembangunan gedung ini mulai pada tahun 2008 dan direncanakan selesai tahun 2014. Bangunan ini berdiri sekitar 632 meter ( 2.073 kaki) dengan total luas lantai 380.000 m2 ( 4.090.000 sq ft ). 

2. India Tower (Mumbai, India)

India Tower

India Tower terletak di kota Mumbai, India. Pembangunan gedung ini dimulai pada tahun 2010 dan estimasinya selesai 2016. India Tower ini akan memiliki tinggi 725 meter dengan 126 lantai dan pemandangan yang indah karena dekat dengan pantai.

1. Burj Khalifa برج خليفة (Dubai, Uni Emirat Arab)

Burj Khalifa برج خليفة
 
Burj Khalifa sebelumnya bernama Burj Dubai, adalah gedung pencakar langit yang berada di Dubai, Uni Emirat Arab yang diresmikan pembukaannya pada 4 Januari 2010. Ketinggian pencakar langit ini adalah 828 meter (2.717 kaki) merupakan gedung tertinggi di dunia yang pernah dibuat oleh manusia. Dimulai dari melewati ketinggian Taipei 101, CN Tower, Menara KVLY-TV yang berada di Blanchard, North Dakota, Amerika Serikat berhasil dilewati, Menara Radio Warsawa 645,4 m (2.120 kaki) dibuat pada 1974 (namun runtuh pada saat renovasi pada 1991) berhasil dilewati pada 1 September 2008. 

Itulah gedung-gedung tertinggi di dunia ini. Apabila Anda punya referensi lainnya tentang gedung tinggi di dunia silahkan kiranya meninggalkan komentar dan jangan lupa bagikan artikel ini melalui sosial media, terima kasih.
Loading...
 
Top