Bangiz - Secara default, ketika Anda membuka document di windows baik word, picture, video atau yang lainnya maka secara otomatis akan tampil di recent document. Adapun gunanya tentu saja untuk memudahkan ketika kita sudah menutup aplikasi tersebut dan ingin membuka kembali, tidak perlu membuka dari awal jadi tinggal lihat saja ke recent document. 

Namun apabila komputer tersebut bukan hanya Anda yang menggunakannya tentu repot juga kalau kita lupa menghapus apa yang baru saja kita buka. Untuk menghapus recent document secara otomatis ketika di shutdown atau restart di windows berikut tahapannya:

recent document
dokumen

  1. Klik Star > Run.
  2. Ketik gpedit.msc > Enter.
  3. Di kolom sebelah kiri, pada User Configurasi cari Administrative Template lalu klik Star Menu dan Taskbar.
  4. Di kolom Setting sebelah kanan, cari clear history of recently opened document on exit lalu klik 2x.
  5. Setelah muncul jendela baru pilih Enabled.
  6. Selanjutnya klik Apply atau langsung OK.
Untuk memastikan setting tersebut berhasil silahkan Anda coba restart. Tapi sebelumnya pastikan di recent document tersebut ada file yang telah Anda buka, jika tidak ada Anda bisa coba membuka beberapa file dan pastikan ada shortcutnya di recent document kemudian restart.

Cara menghapus recent document secara manual 

Anda tinggal klik kanan pada filenya lalu pilih delete. Jika terlalu banyak file yang harus di delete Anda bisa mencoba cara berikut ini:
  1. Klik kanan Start > Properties.
  2. Pilih Star Menu > Customize.
  3. Pilih tab Advance > klik tombol Clear List (supaya dokument, gambar atau yang lainnya tidak muncul lagi pada start menu silahkan hilangkan tanda ceklist pada 'List my most recently opened documents').
  4. Terakhir jangan lupa klik OK.
Demikian tutorial cara menghapus recent document secara otomatis saat komputer dimatikan dan juga secara manual. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar dan jangan lupa bagikan ke teman-teman Anda melalui sosial media, siapa tahu membutuhkan. Semoga bermanfaat.
Loading...

Post a Comment Blogger

 
Top