Tanggal 8 Maret merupakan hari diputuskannya Hari Perempuan Sedunia? Mari kita lihat sejarahnya, yang tentu tidak terlepas dari peristiwa menyangkut kaum perempuan itu sendiri.

Tahun 1910, kaum sosialis internasional dari 17 negara mengadakan pertemuan di Copenhagen, Denmark. Diantara agendanya adalah membahas tentang hak-hak asasi wanita yang sering diabaikan.

 hari perempuan sedunia

Pertemuan tersebut akhirnya memutuskan untuk membuat Hari Perempuan Sedunia, agar hak kaum wanita lebih diperhatikan. Pada walnya, Hari Perempuan Sedunia diperingati setiap tanggal 28 Februari. Namun tahun 1920, peringatan tersebut tidak lagi diperingati, karena banyaknya konflik yang terjadi di dunia, termasuk perang.

Pada tahun 1975, PBB kembali memelopori diperingatinya Hari Perempuan Sedunia dan diputuskan jatuh pada tanggal 8 Maret.

Di Hari Perempuan Sedunia tahun 2013 ini Google merayakan Hari Perempuan Sedunia yang tepatnya hari jum'at ini tanggal 8 Maret, dengan menghadirkan doodle yang menggambarkan 27 wajah perempuan dari berbagai etnis dan bangsa. Silahkan cek di Google. Semoga kaum wanita di seluruh dunia makin sejahtera dan mendapat hak-haknya secara adil dan bijaksana.
Loading...
 
Top