Bangiz - Setelah sebelumnya admin berbagi tentang kata-kata cinta, artikel kesehatan juga tips blogging, kali ini akan berbagi tentang tips komputer. Sesuai judul di atas yaitu cara mempercepat kinerja komputer. Setelah membaca tips di bawah ini mudah-mudahan komputer atau laptop Anda tampil prima alias tidak loading. 

Adapun tips kali ini ialah dengan menggunakan software yang kualitasnya sudah teruji serta banyak digunakan pada komputer di seluruh dunia. Penasaran software mana saja yang admin maksud, langsung cek saja berikut ini:
Akselerasi
Cek kinerja komputer / ilustrasi

CCleaner

CCleaner kependekan dari "Crap Cleaner". CCleaner adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk membersihkan file-file yang sudah tidak terpakai lagi dan bisa juga untuk memperbaiki system registry yang error pada komputer atau laptop, sehingga dapat membuat komputer kita berjalan lebih cepat dan space atau ukuran hard disk kita bertambah.

CCleaner
CCleaner
Kalau komputer banyak digunakan maka akan banyak file sementara yang tersimpan di sistem dan memenuhi hard drive Anda. Dengan CCleaner ini maka kita bisa menghapus file-file yang hanya membuat komputer kita lemot.


Caranya sangat gampang, klik Cleaner, cek semuanya yang ingin dibersihkan (biasanya sudah terceklist sendiri), lalu klik Analyze. Tunggu sampai prosesnya selesai dan ikuti petunjuknya hingga keluar daftar list yang CCleaner sarankan untuk dihapus dan berapa banyak space yang akan kosong setelah dibersihkan. Untuk menghapusnya, hanya cukup klik Run Cleaner.

MSConfig

Bagi mereka yang benar-benar butuh komputernya dalam keadaan maksimal, dapat menggunakan MSConfig. MSConfig dapat diakses dengan menekan tombol Win+R, di mana akan mengeluarkan window "Run", dan ketik "msconfig". Di bawah "Start Up". ada program list dan dapat dijalankan ketika komputer menyala.
MS Config
MSConfig
Memiliki banyak program yang berjalan ketika komputer menyala adalah salah satu alasan mengapa komputer berjalan sangat lama. Cara paling mudah adalah matikan program yang tidak perlu saat komputer menyala. Tapi hati-hati sebelum mematikan program karena bisa saja itu program yang memang dibutuhkan saat menyala.

Revo Uninstaller

Revo Uninstaller adalah versi steroid dari pilihan Add and Remove Programs di panel kontrol, tapi software ini juga men-scan komputer Anda untuk semua file yang ketika uninstaller normal tidak terhapus. Tampilan Revo sangat mirip dengan Add and Remove Programs.


Revo Uninstaller
Revo Uninstaller
Revo Uninstaller juga menggunakan sebuah panel yang memunculkan list semua program yang dapat dihapus. Menu ini dapat diakses dengan meng-klik ikon Tools.

Defraggler

Software ini berfungsi seperti namanya yaitu deflaggler yaitu untuk merapihkan dan menata file file yang berada di hardisk yang biasanya software ini juga akan memadatkan isi hardisk sehingga perfomace hardisk akan lebih baik.
Defraggler
Defraggler
Jadi setelah membersihkan file yang tidak diperlukan, akan banyak lubang pada tempat yang seharusnya diisi oleh file tersebut. Meski tidak terlihat penting, memiliki lubang seperti dapat melambatkan komputer anda juga, karena file Anda yang lain menjadi pecah-pecah. Semakin banyak file yang terpecah, semakin lambat file tersebut diakses.

Itulah cara mempercepat kinerja komputer atau laptop dengan menggunakan software. Semoga membantu.

<-- Selamat Mencoba --> 

Loading...

Post a Comment Blogger

 
Top