Bangiz - Jerawat membuat anda galau? Enggak lah yau!! Mudah-mudahan Anda beruntung membaca artikel ini. Sekarang kita kenali dulu apa itu jerawat? Apa saja penyebabnya? Apa saja jenisnya? Dan bagaimana cara mengatasinya? Jerawat adalah suatu keadaan dimana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang.
 menghilangkan jerawat
Kulit Berjerawat

Penyebab Jerawat:

Produksi minyak berlebihan

Jerawat timbul akibat adanya perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Jadi faktor penyebab utamanya dari dalam tubuh. Jerawat adalah kondisi abnormal kulit akibat kelebihan produksi kelenjar minyak (sebaceus gland) yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Penyebab jerawat yang paling umum adalah hormon, tumpukan minyak atau sebum di kulit bercampur dengan bakteri

Sel-sel kulit mati

Jerawat timbul karena kelenjar minyak yang berlebih tersebut bercampur dengan sel kulit mati. Ketika sel-sel kulit itu bercampur dengan jumlah debu atau kotoran yang sudah meningkat itu, campuran yang tebal dan lengket itu dapat membentuk penyumbat yang menjadi bintik hitam atau putih.

Bakteri

Bakteri yang biasanya ada di kulit disebut p.acne, yang cenderung berkembang biak di dalam kelenjar sebaceous yang tersumbat, yang menghasilkan zat-zat yang menimbulkan iritasi daerah sekitarnya. Kelenjar tersebut terus membengkak, dan mungkin akan pecah, kemudian menyebarkan radang ke kulit daerah sekitarnya. Inilah yang menyebabkan jerawat jenis batu yang paling mungkin, yaitu meninggalkan pigmentasi jangka panjang dan bekas luka seperti cacar yang permanen.

Kosmetik

Penyumbatan pori-pori seringkali terjadi oleh penggunaan kosmetik yang mengandung banyak minyak atau penggunaan bedak yang menyatu dengan foundation. Foundation yang terkandung pada bedak menyebabkan bubuk bedak mudah menyumbat pori-pori.

Obat-obatan

Konsumsi obat kortikosteroid, baik oral (obat minum) maupun topical (obat oles), yang mengakibatkan daya tahan tubuh menurun, juga meningkatkan potensi timbulnya jerawat karena aktivitas bakteri patogen yang meningkat.

Telepon Genggam

Permukaan telepon genggam bisa jadi media subur untuk tumbuhnya bakteri. Untuk mencegahnya, bersihkan permukaan telepon secara rutin dengan alkohol, dan usahakan jangan menempelkan telepon genggam ke pipi ketika menelepon.

Stres

Sebenarnya, stres tidak secara langsung menyebabkan jerawat. Masalahnya, ada hormon tertentu yang keluar saat seseorang stres, yang memungkinkan tumbuhnya jerawat. Tak hanya itu, stres membuat orang tersebut mempunyai pola makan yang cenderung banyak mengkonsumsi makanan manis dan berlemak, sebagai "pelarian" dari stres.

Tipe-tipe Jerawat

Komedo
Komedo sebenarnya adalah pori-pori yang tersumbat, bisa terbuka atau tertutup. Komedo yang terbuka (blackhead), terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo yang tertutup (whitehead) memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil. Jerawat jenis komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit. 

Jerawat biasa 

Jenis jerawat ini mudah dikenal, tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan. Terjadi karena pori-pori yang tersumbat terinfeksi oleh bakteri jenis propionibacterium acne. Bakteri ini biasanya hidup di saluran kelenjar sebaceous yang tersumbat, yaitu di daerah tempat beradanya asam lemak pada kantung kelenjar sebaceous yang tersembunyi di dalam pori-pori kulit. Diberi nama propionibacterium karena mampu memproduksi asam propionik (propionic acid).  

Bakteri ini merupakan jenis anaerobik sehingga dapat hidup tanpa butuh oksigen, dan mempunyai ciri-ciri aerotolerant yang menimbulkan iritasi pada daerah sekitarnya. Bakteri yang menginfeksi bisa dari waslap, kuas make up, jari tangan, juga telepon. Stres, hormon dan udara yang lembap, dapat memperbesar kemungkinan terbentuknya jerawat. 


Jerawat batu (Cystic acne) 
Jerawat batu (Cystic acne) adalah jerawat yang besar-besar, dengan peradangan hebat, berkumpul diseluruh muka. Penderita cystic acne biasanya juga memiliki keluarga dekat yang menderita jerawat jenis ini. Secara genetik penderitanya memiliki: 
  1. Kelenjar minyak yang over aktif yang membanjiri pori-pori dengan kelenjar minyak.
  2. Pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal yang tidak bisa beregenerasi secepat kulit normal.
  3. Memiliki respon yang berlebihan terhadap peradangan sehingga meninggalkan bekas di kulit.
Cara Alami Mengatasi Jerawat

Berikut ini adalah beberapa bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati jerawat: 

1. Bawang Putih

 bawang putih
Bawang Putih
Ternyata bawang putih selain berguna sebagai bumbu ketika memasak, bisa juga dijadikan sebagai obat untuk jerawat. Bagaimana caranya? caranya adalah sebagai berikut : pertama-tama, tumbuklah atau irislah bawang putih tadi, setelah selesai ditumbuk, kemudian segera usapkan pada wajah yang berjerawat, tunggulah hingga beberapa menit lalu segera bilas dengan air sampai bersih.

2. Putih Telur

 putih telur
Putih Telur
Telur mempunyai banyak khasiat, termasuk untuk menyembuhkan / menghilangkan jerawat. Caranya adalah siapkan telur, lalu pisahkan kuning telur dan anda ambil putih telurnya. Setelah itu, kocok putih telur tadi dan oleskan ke wajah kemudian diamkan selama 15 menit. Putih telur dapat digunakan untuk mengurangi minyak di wajah yang yang bisa menjadi pemicu jerawat. Jadi putih telur ini lebih mengarah ke pencegahan agar jerawat tidak mudah datang lagi.

3. Jeruk Nipis
 jeruk nipis
Jeruk Nipis
Jeruk nipis mengandung citric acid yang sangat baik untuk memindahkan sel-sel kulit yang mati yang bisa menyebabkan jerawat. Caranya sangatlah mudah. Pertama, siapkan jeruk nipis / lemon. Kemudian peras atau bisa juga di jus. Siapkan juga air mawar. Setelah kedua bahan tersebut siap, maka campurkan jus/perasan lemon dengan air mawar tadi kemudian oleskan pada wajah anda. Setelah itu diamkan kira-kira 15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan hal ini dengan rutin dan konsisten.

4. Buah Tomat
 tomat
Tomat
Buah yang satu ini selain bagus untuk kesehatan mata juga cukup efektif menghilangkan komedo hitam (blackheads). Yang pertama harus dilakukan adalah mengiris tomat menjadi dua lalu oleskan ke seluruh wajah yang berjerawat dan biarkan selama 15 menit – 1 jam kemudian bilas dengan air.

Hal yang terpenting selain menggunakan produk dan bahan untuk menghilangkan jerawat, adalah dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Karena metabolisma tubuh dan proses ekskresi yang baik, akan membantu pembuangan zat-zat sisa. Pola hidup sehat yang sebaiknya dilakukan adalah:
  • Minum air secukupnya
  • Menjauhi stress dan selalu rileks
  • Makan sayuran dan buah-buahan
  • Cuci muka dengan air bersih
  • Rutin mencuci handuk, helmet dan bantal
  • Jangan memencet paksa jerawat, kecuali oleh alat yang tepat
  • Cuci muka dengan sabun khusus cukup 2x/hari agar bisa mengurangi kelebihan minyak.
  • Hindari sugary and iodized foods, kopi juga minuman berkarbonisasi
  • Rajin berolahraga secukupnya
  • Facial wajah secara rutin akan mempercepat penyembuhan jerawat. Pakailah produk facial yang sudah terdaftar di badan pom. Keliru memilih produk facial malah bisa membuat jerawat  Anda menjadi tambah parah.
  • Cara lainnya juga bisa dilakukan dengan bahan-bahan herbal. Habbatussauda serta madu sangat baik untuk dikonsumsi.

Loading...
 
Top